Latihan Soal Rekayasa Perangkat Lunak RPL Universitas BSI Semester 7


Pertemuan 1

1.       Kumpulan dari program, prosedur, dan dokumen data lain yang saling berhubungan yang merepresentasikan masalah di dunia nyata yang dikonfigurasikan dalam sebuah bentuk aplikasi yang harus dikerjakan komputer disebut ….
a. Perangkat Lunak                                d. Manajemen
b. Perangkat Keras                                 e. Sistem
c. Database


2.       Yang tidak termasuk ke dalam hal kemampuan dari Perangkat Lunak yang dibuat yaitu:
a. Tepat waktu
b. Tepat anggaran
c. Meningkatkan kinerja
d. Tepat guna
e. Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar

3.       Perekayasa membuat suatu alat bekerja. Menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan, disebut …
a. Disiplin rekayasa
b. Meningkatkan kinerja                       
c. Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar
d. Tepat waktu
e. Tepat anggaran

4.       RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen proyek PL dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi Perangkat Lunak. Hal ini disebut :
a. Tepat anggaran
b. Meningkatkan kinerja
c. Disiplin Rekayasa
d. Mengoperasikan prosedur sistem dgn benar
e. Semua aspek produksi perangkat lunak


5.       Rekayasa yang berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa Perangkat Lunak dan proses disebut ….
a. Rekayasa Sistem
b. Disiplin Rekayasa
c. Rekayasa perangkat Lunak
d. Rekayasa Database
e. Rekayasa Komputer

Pertemuan 2

1.       Mendukung aktivitas proses pembangunan tahap awal (tahap analisis kebutuhan dan desain), disebut …..
a. CASE                                                   d. High-CASE
b. Lower-CASE                                        e. Below CASE
c. Upper- CASE

2.      Mendukung aktivitas pembangunan di tahap akhir programming, debuging, dan testing), disebut …..
a. CASE                                                   d. High-CASE
b. Lower-CASE                                        e. Below CASE
c. Upper- CASE

3.      Gambar disamping merupakan model dari …..
a. Model Waterfall
b. Model Prototyping
c. Model Evolutionary
d. Model Spiral
e. Reuse Based Development

4.      Berikut ini adalah gambar dari model …..
a. Model Waterfall
b. Model spiral
c. Model Evolutionary
d. Model Prototyping
e. Reuse Based Development

5.      Berikut ini adalah gambar dari model …..
a. Model Waterfall
b. Model spiral
c. Model Evolutionary
d. Model Prototyping
e. Reuse Based Development

Pertemuan 3

1.         Dalam fokus manajemen proyek PL, Seluruh proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk disebut …
a. People                                               d. Project
b. Process                                              e. Pembiayaan
c. Product


2.         Yang bukan termasuk ke dalam Faktor-faktor yang mempengaruhi
hasil akhir proyek Perangkat Lunak yaitu
a. Budgets & Costs                                d.System Constrains
b. Delivery online                                  e.Application Domain
c. Technology Can Be Implemented


3.         Yang bukan termasuk ke dalam permasalahan dalam manajemen proyek yaitu …
a. Kualitas produk                                 d.Estimasi/ perkiraaan dana
b. Beban resiko yang timbul                 e. Ukuran perangkat keras
c. Penjadwalan proyek


4.         Yang bukan termasuk ke dalam Fokus dalam RPL yaitu …
a. Analisa Desain                                  d. Manajemen proyek
b. Estimasi Biaya                                   e. Manajemen Sumber Daya Manusia
c. Penjadwalan


5.         Yang bukan termasuk ke dalam kenapa PL harus diukur yaitu …
a. Untuk mengetahui karakteristik Perangkat Lunak
b. Proses evaluasi Perangkat Lunak
c. Prediksi kebutuhan Perangkat Lunak
d. Pengembangan Perangkat Lunak
e. Proses pembuatan jadwal

Pertemuan 4

1.            Diagram yang termasuk dalam artifact UML kecuali..
a. Use case Diagram                           d. Package Diagram
b. Class Diagram                                 e. Deployment Diagram
c. Development Digram


2.            Konsumen menerima struk pembayaran
actor use case diatas adalah
a. struk                                                 d. menerima
b. pembayaran                                    e. data flow
c. Konsumen


3.            Mendefinisikan perilaku objek termasuk kedalam salah satu jenis state machine diagram, yaitu
a. behavioral state machien               d. use case diagram
b. protocol state machine                   e. package diagram
c. class state machine


4.            Association menggambarkan..
a. aliran data
b. bagaimana actor terlibat dalam use case
c. aliran informasi
d. aliran komunikasi
e. bagaimana actor terlibat dengan data


5.            Tiga area pokok dalam class diagram, yaitu
a. aliran data, informasi dan komunikasi
b. nama, aliran data, operasi
c. aliran informasi, nama, atribut
d. aliran komunikasi,operasi, nama
e. nama, atribut, opersi

Pertemuan 5

1.            Activity diagram digunakan untuk menggambarkan..
a. proses bisnis
b. aktor
c. data store
d. entitas
e. Relasi


2.            Gambar diatas merupakan simbol ….. pada activity diagram
a. activities                                          d. start point
b. join                                                   e. end point
c. Decision


3.            Penggambaran skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respon dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu adalah
a. use case diagram                            d. sequence diagram
b. class diagram                                  e. collaboration diagram
c. activity diagram


4.            Collaboration diagram lebih menekankan pada…
a. perilaku objek                                  d. waktu penyampaian objek
b. atribut objek                                    e. nama objek
c. peran masing-masing objek


5.            Penghubung antara boundary dengan tabel pada sequence diagram digambarkan dengan…
a. an actor                                           d. control class
b. entity class                                       e. a message
c. boundary class

Pertemuan 6

1.       Model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari objek-object dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara objek-objek tersebut disebut …
a. ERD
b. UML
c. LRS
d. Acces Path
e. Bagan Terstruktur


2.       Simbol relationship pada ERD biasanya menggunakan keterangan berupa
a. kata benda                                         d. kata sifat
b. kata kerja                                           e. kata perintah
c. kata pengganti


3.       Simbol Weak Entity digambarkan dengan ….. d
4.       Tahapan proses pembuatan DFD yang menggambarkan sistem secara global
a. Diagram konteks                                d. Diagram Nol
b. Diagram Detail                                  e. diagram Top Down
c. Diagram Objek


5.       Gambar diatas adalah
a. unary relationship                              d. binary relationship
b. N-ary relationship                              e. ternary relationship
c. M-ary relationship

Pertemuan 9

1.      Yang tidak termasuk hal-hal yang harus diperhatikan dalam desain perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak yaitu
a. Desain Data
b. Desain Arsitektur
c. Desain Interface
d. Desain Prosedural
e. Desain ERD

2.      Dalam Hierarki kontrol yang mengindikasikan berapa banyak modul yang secara langsung mengontrol sebuah modul yang diberikan disebut
a. Depth dan width                                 b. Fan-out
c. Fan-in                                                  d. Superordinat
e. Subordinat

3.      Yang tidak termasuk dalam Indepedensi Fungsi adalah
a. Kohesi                                                 b. Kohesif Koisidental
c. Kohesif secara logis                            d. Kohesif Temporal
e. Kohesif Modul

4.      Gambar berikut ini disebut
a. Diagram Pohon
b. Visibilitas
c. Konektivitas
d. Partisi Vertikal
e. Partisi Horizontal

5.      Dalam Hierarki Kontrol, komponen yang dipakai secara tidak langsung oleh sebuah modul yang ditetapkan disebut
a. Diagram Pohon
b. Visibilitas
c. Konektivitas
d. Partisi Vertikal
e. Partisi Horizontal

Pertemuan 10

1.      Ditandai dengan pergerakan data sepanjang jalur masuk yang mengkonversikan informasi dunia eksternal ke dalam suatu transaksi disebut aliran …
a. Transformasi                                      d. Hierarki
b. Transaksi                                            e. Heuristik
c. Informasi

2.      Berikut ini adalah gambar dari …
a. Karakteristik Aliran
b. Pemetaan Transformasi
c. Pemetaan Transaksi
d. Hierarki Kontrol
e. Desain dan Heuristik

3.      Dalam desain data, yang harus dibangun dan digunakan untuk menentukan baik data maupun desain program adalah
a. Kamus data                                         d. Desain Perangkat Lunak
b. Struktur Data                                      e. Design Forces
c. Struktur Program

4.      Dalam desain data, yang harus mendukung spesifikasi dan realisasi dari tipe-tipe data abstrak adalah :
a. Kamus data                                         d. Desain PL
b. Struktur Data                                      e. Design Forces
c. Struktur Program

5.      Untuk mengembangkan struktur program modular dan merepresentasikan hubungan kontrol antar modul disebut desain …
a. Arsitektur                                            d. Perangkat Lunak
b. Data                                                    e. Forces
c. Program

Pertemuan 11

1.      Yang bukan termasuk area desain interface adalah
a.Desain interface antara modul-modul PL
b.Desain interface antara Perangkat Lunak dan prosedur dan konsumen informasi
c.Desain interface antara seorang manusia dan komputer
d.Desain interface antara seorang user dan komputer
e.Desain interface antara hierarki program dan komputer

2.      Desain interface inter-modular dikendalikan oleh data yang harus mengalir diantara modul-modul dan karakteristik bahasa pemrograman dimana Perangkat Lunak akan diimplementasikan disebut:
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin

3.      Dimulai dengan evaluasi terhadap masing-masing entitas eksternal yang direpresentasikan pada DFD model analisis disebut
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin

4.      Berkaitan dengan studi terhadap manusia juga terhadap isu-isu teknologi disebut:
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin

5.      Dimulai dengan membuat model-model fungsi sistem yang berbeda-beda. Kemudian digambarkan tugas yang berorientasi pada manusia dan komputer yang dibutuhkan untuk mencapai fungsi sistem disebut
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin

Pertemuan 12

1.      Tahap besar di akhir produksi Perangkat Lunak adalah
a. Desain                                                 b. Analisis
c. Implementasi                                      d. Planning
e. Pengumpulan data

2.      Tahap yang merupakan proses pembuatan kode program dalam bahasa pemrograman tertentu sesuai dengan platform dan kesepakatan dengan customer adalah
a. Desain                                                 b. Analisis
c. Implementasi                                      d. Planning
e. Pengumpulan data

3.      Gambar berikut adalah …
a. Rencana Implementasi                      b. Network Diagram
c. Path Diagram                                     d. Gant Chart
e. Konversi Sistem

4.      Yang tidak termasuk dalam hal-hal penting dalam implementasi adalah …
a. Persiapan tempat                               b. Pelatihan personil
b. Cakupan pelatihan                             c. Program pelatihan
e. Teknik dan alat program

5.      Materi tertulis/video/audio yang menjabarkan cara beroperasinya sebuah sistem, termasuk pokok bahasan yang harus dikuasi oleh pemakai, termasuk ke dalam hal penting dalam implementasi untuk …
a. Persiapan tempat
b. Pelatihan personil
c. Cakupan pelatihan
d. Software untuk pelatihan interaktif
e. Persiapan/pembuatan dokumen

Pertemuan 13

1.      Dalam proses testing, Input yang digunakan untuk menguji sistem dan memprediksi output dari input jika sistem beroperasi sesuai dengan spesifikasi adalah …
a. Test data                                             d. Test report
d. Test result                                           b. Test cases           
e. Test code

2.      Gambar berikut adalah …
a. Proses Defect testing                         d. Proses code testing
b. Proses Failure Testing                        e. Proses result testing
c. Proses report Testing

3.      Yang harus didesain untuk mengungkap kesalahan dalam kategori adalah …
a. Test data                                             d. Test code
b. Test cases                                           e. Test result
c. Test report

4.      Aspek yang dipertimbangkan dalam seberapa baik sistem yang sudah dibangun adalah …
a. Test data
b. Test cases
c. Verifikasi dan validasi
d. Test Report
e. Integration Testing

5.      Pengujian dimana sistem ketika diimplementasikan sesuai dengan yang diharapkan adalah …
a. Test data                                             b. Test cases
c. Verifikasi                                             d. Validasi
e. Integration Testing

Pertemuan 14

1.      Dalam karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Semakin baik dia bekerja semakin efisien dia dapat diuji disebut …
a. Operabilitas                                        d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas                                    e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan

2.      Dalam karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Apa yang anda lihat adalah apa yang anda uji disebut …
a. Operabilitas                                        d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas                                    e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan

3.      Dalam karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Semakin baik kita dapat mengontrol Perangkat Lunak, semakin banyak pengujian yang dapat diotomatisasi dan dioptimalkan disebut …
a. Operabilitas                                        d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas                                    e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan

4.      Dalam karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, dengan mengontrol ruang lingkup pengujian kita dapat lebih cepat mengisolasi masalah dan melakukan pengujian kembali disebut…
a. Operabilitas                                        d.Kemampuan dipahami
b. Observabilitas                                    e. Kontrolabilitas
c. Dekomposabilitas

5.      Dalam karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Semakin sedikit yg diuji semakin cepat pengujian disebut …
a. Operabilitas                                        d.Kemampuan dipahami
b. Observabilitas                                    e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
  

Download slidenya disini


= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Baca juga materi Semester 7 Universitas BSI lainnya:
Latihan Soal Proses Bisnis TI Universitas BSI Semester 7
Latihan Soal Sistem Penunjang Keputusan SPK Universitas BSI Semester 7
Latihan Soal Rekayasa Perangkat Lunak RPL Universitas BSI Semester 7
Latihan Soal Penelitian Sistem Informasi Universitas BSI Semester 7
Latihan Soal Data Mining Universitas BSI Semester 7 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya