Latihan Soal Rekayasa Perangkat Lunak RPL Universitas BSI Semester 7
Pertemuan 1
1. Kumpulan dari program, prosedur, dan dokumen data
lain yang saling berhubungan
yang merepresentasikan masalah di dunia nyata yang dikonfigurasikan dalam
sebuah bentuk aplikasi yang harus dikerjakan komputer disebut ….
a. Perangkat Lunak d. Manajemen
b. Perangkat Keras e. Sistem
c. Database
a. Perangkat Lunak d. Manajemen
b. Perangkat Keras e. Sistem
c. Database
2. Yang tidak termasuk ke dalam hal kemampuan dari Perangkat Lunak yang dibuat
yaitu:
a. Tepat waktu
b. Tepat anggaran
c. Meningkatkan kinerja
d. Tepat guna
e. Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar
a. Tepat waktu
b. Tepat anggaran
c. Meningkatkan kinerja
d. Tepat guna
e. Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar
3. Perekayasa membuat suatu alat bekerja. Menerapkan
teori, metode, dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan
selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan, disebut …
a. Disiplin rekayasa
b. Meningkatkan kinerja
c. Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar
a. Disiplin rekayasa
b. Meningkatkan kinerja
c. Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar
d. Tepat waktu
e. Tepat anggaran
4. RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis
dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen
proyek PL dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi
Perangkat Lunak. Hal ini disebut :
a. Tepat anggaran
a. Tepat anggaran
b. Meningkatkan
kinerja
c. Disiplin Rekayasa
c. Disiplin Rekayasa
d. Mengoperasikan
prosedur sistem dgn benar
e. Semua aspek produksi perangkat lunak
e. Semua aspek produksi perangkat lunak
5. Rekayasa yang berkaitan dengan semua aspek dalam
pembangunan sistem berbasis
komputer termasuk hardware, rekayasa Perangkat Lunak dan proses disebut ….
a. Rekayasa Sistem
b. Disiplin Rekayasa
c. Rekayasa perangkat Lunak
d. Rekayasa Database
a. Rekayasa Sistem
b. Disiplin Rekayasa
c. Rekayasa perangkat Lunak
d. Rekayasa Database
e. Rekayasa Komputer
Pertemuan 2
1. Mendukung aktivitas proses pembangunan tahap awal
(tahap analisis kebutuhan dan desain), disebut …..
a. CASE d. High-CASE
b. Lower-CASE e. Below CASE
c. Upper- CASE
a. CASE d. High-CASE
b. Lower-CASE e. Below CASE
c. Upper- CASE
2. Mendukung aktivitas pembangunan di tahap akhir programming,
debuging, dan testing), disebut …..
a. CASE d. High-CASE
b. Lower-CASE e. Below CASE
c. Upper- CASE
a. CASE d. High-CASE
b. Lower-CASE e. Below CASE
c. Upper- CASE
3. Gambar disamping merupakan model dari …..
a. Model Waterfall
b. Model Prototyping
c. Model Evolutionary
d. Model Spiral
e. Reuse Based Development
a. Model Waterfall
b. Model Prototyping
c. Model Evolutionary
d. Model Spiral
e. Reuse Based Development
4. Berikut ini adalah gambar dari model …..
a. Model Waterfall
b. Model spiral
c. Model Evolutionary
d. Model Prototyping
e. Reuse Based Development
a. Model Waterfall
b. Model spiral
c. Model Evolutionary
d. Model Prototyping
e. Reuse Based Development
5. Berikut ini adalah gambar dari model …..
a. Model Waterfall
b. Model spiral
c. Model Evolutionary
d. Model Prototyping
e. Reuse Based Development
a. Model Waterfall
b. Model spiral
c. Model Evolutionary
d. Model Prototyping
e. Reuse Based Development
Pertemuan 3
1.
Dalam fokus
manajemen proyek PL, Seluruh proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu
produk disebut …
a. People d. Project
b. Process e. Pembiayaan
c. Product
a. People d. Project
b. Process e. Pembiayaan
c. Product
2.
Yang bukan termasuk
ke dalam Faktor-faktor yang mempengaruhi
hasil akhir proyek Perangkat Lunak yaitu
a. Budgets & Costs d.System Constrains
b. Delivery online e.Application Domain
c. Technology Can Be Implemented
hasil akhir proyek Perangkat Lunak yaitu
a. Budgets & Costs d.System Constrains
b. Delivery online e.Application Domain
c. Technology Can Be Implemented
3.
Yang bukan
termasuk ke dalam permasalahan dalam manajemen proyek yaitu …
a. Kualitas produk d.Estimasi/ perkiraaan dana
b. Beban resiko yang timbul e. Ukuran perangkat keras
c. Penjadwalan proyek
a. Kualitas produk d.Estimasi/ perkiraaan dana
b. Beban resiko yang timbul e. Ukuran perangkat keras
c. Penjadwalan proyek
4.
Yang bukan
termasuk ke dalam Fokus dalam RPL yaitu …
a. Analisa Desain d. Manajemen proyek
b. Estimasi Biaya e. Manajemen Sumber Daya Manusia
c. Penjadwalan
a. Analisa Desain d. Manajemen proyek
b. Estimasi Biaya e. Manajemen Sumber Daya Manusia
c. Penjadwalan
5.
Yang bukan
termasuk ke dalam kenapa PL harus diukur yaitu …
a. Untuk mengetahui karakteristik Perangkat Lunak
b. Proses evaluasi Perangkat Lunak
c. Prediksi kebutuhan Perangkat Lunak
d. Pengembangan Perangkat Lunak
e. Proses pembuatan jadwal
a. Untuk mengetahui karakteristik Perangkat Lunak
b. Proses evaluasi Perangkat Lunak
c. Prediksi kebutuhan Perangkat Lunak
d. Pengembangan Perangkat Lunak
e. Proses pembuatan jadwal
Pertemuan 4
1.
Diagram yang
termasuk dalam artifact UML kecuali..
a. Use case Diagram d. Package Diagram
b. Class Diagram e. Deployment Diagram
c. Development Digram
a. Use case Diagram d. Package Diagram
b. Class Diagram e. Deployment Diagram
c. Development Digram
2.
Konsumen menerima
struk pembayaran
actor use case diatas adalah
a. struk d. menerima
b. pembayaran e. data flow
c. Konsumen
actor use case diatas adalah
a. struk d. menerima
b. pembayaran e. data flow
c. Konsumen
3.
Mendefinisikan
perilaku objek termasuk kedalam salah satu jenis state machine diagram, yaitu
a. behavioral state machien d. use case diagram
b. protocol state machine e. package diagram
c. class state machine
a. behavioral state machien d. use case diagram
b. protocol state machine e. package diagram
c. class state machine
4.
Association
menggambarkan..
a. aliran data
b. bagaimana actor terlibat dalam use case
c. aliran informasi
d. aliran komunikasi
e. bagaimana actor terlibat dengan data
a. aliran data
b. bagaimana actor terlibat dalam use case
c. aliran informasi
d. aliran komunikasi
e. bagaimana actor terlibat dengan data
5.
Tiga area pokok
dalam class diagram, yaitu
a. aliran data, informasi dan komunikasi
b. nama, aliran data, operasi
c. aliran informasi, nama, atribut
d. aliran komunikasi,operasi, nama
e. nama, atribut, opersi
a. aliran data, informasi dan komunikasi
b. nama, aliran data, operasi
c. aliran informasi, nama, atribut
d. aliran komunikasi,operasi, nama
e. nama, atribut, opersi
Pertemuan 5
1.
Activity
diagram digunakan untuk menggambarkan..
a. proses bisnis
b. aktor
c. data store
d. entitas
e. Relasi
a. proses bisnis
b. aktor
c. data store
d. entitas
e. Relasi
a. activities d. start point
b. join e. end point
c. Decision
3.
Penggambaran
skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respon dari
sebuah event untuk menghasilkan output tertentu adalah
a. use case diagram d. sequence diagram
b. class diagram e. collaboration diagram
c. activity diagram
a. use case diagram d. sequence diagram
b. class diagram e. collaboration diagram
c. activity diagram
4.
Collaboration
diagram lebih menekankan pada…
a. perilaku objek d. waktu penyampaian objek
b. atribut objek e. nama objek
c. peran masing-masing objek
a. perilaku objek d. waktu penyampaian objek
b. atribut objek e. nama objek
c. peran masing-masing objek
5.
Penghubung antara
boundary dengan tabel pada sequence diagram digambarkan dengan…
a. an actor d. control class
b. entity class e. a message
c. boundary class
a. an actor d. control class
b. entity class e. a message
c. boundary class
Pertemuan 6
1. Model untuk menjelaskan hubungan antar data
dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari
objek-object dasar yang mempunyai hubungan atau relasi antara objek-objek
tersebut disebut …
a. ERD
b. UML
c. LRS
d. Acces Path
e. Bagan Terstruktur
a. ERD
b. UML
c. LRS
d. Acces Path
e. Bagan Terstruktur
2. Simbol relationship pada ERD biasanya
menggunakan keterangan berupa
a. kata benda d. kata sifat
b. kata kerja e. kata perintah
c. kata pengganti
a. kata benda d. kata sifat
b. kata kerja e. kata perintah
c. kata pengganti
3. Simbol Weak Entity digambarkan dengan ….. d
4. Tahapan proses pembuatan DFD yang
menggambarkan sistem secara global
a. Diagram konteks d. Diagram Nol
b. Diagram Detail e. diagram Top Down
c. Diagram Objek
a. Diagram konteks d. Diagram Nol
b. Diagram Detail e. diagram Top Down
c. Diagram Objek
5. Gambar diatas adalah
a. unary relationship d. binary relationship
b. N-ary relationship e. ternary relationship
c. M-ary relationship
a. unary relationship d. binary relationship
b. N-ary relationship e. ternary relationship
c. M-ary relationship
Pertemuan 9
1. Yang tidak termasuk hal-hal yang harus diperhatikan dalam
desain perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak yaitu
a. Desain Data
b. Desain Arsitektur
c. Desain Interface
d. Desain Prosedural
e. Desain ERD
a. Desain Data
b. Desain Arsitektur
c. Desain Interface
d. Desain Prosedural
e. Desain ERD
2. Dalam Hierarki kontrol yang mengindikasikan berapa banyak
modul yang secara langsung mengontrol sebuah modul yang diberikan disebut
a. Depth dan width b. Fan-out
c. Fan-in d. Superordinat
e. Subordinat
a. Depth dan width b. Fan-out
c. Fan-in d. Superordinat
e. Subordinat
3. Yang tidak termasuk dalam Indepedensi Fungsi adalah
a. Kohesi b. Kohesif Koisidental
c. Kohesif secara logis d. Kohesif Temporal
e. Kohesif Modul
a. Kohesi b. Kohesif Koisidental
c. Kohesif secara logis d. Kohesif Temporal
e. Kohesif Modul
a. Diagram Pohon
b. Visibilitas
c. Konektivitas
d. Partisi Vertikal
e. Partisi Horizontal
5. Dalam Hierarki Kontrol, komponen yang dipakai secara tidak
langsung oleh sebuah modul yang ditetapkan disebut
a. Diagram Pohon
b. Visibilitas
c. Konektivitas
d. Partisi Vertikal
e. Partisi Horizontal
b. Visibilitas
c. Konektivitas
d. Partisi Vertikal
e. Partisi Horizontal
Pertemuan 10
1. Ditandai dengan pergerakan data sepanjang jalur masuk yang
mengkonversikan informasi dunia eksternal ke dalam suatu transaksi disebut
aliran …
a. Transformasi d. Hierarki
b. Transaksi e. Heuristik
c. Informasi
a. Transformasi d. Hierarki
b. Transaksi e. Heuristik
c. Informasi
2. Berikut ini adalah gambar dari …
a. Karakteristik Aliran
b. Pemetaan Transformasi
c. Pemetaan Transaksi
d. Hierarki Kontrol
e. Desain dan Heuristik
a. Karakteristik Aliran
b. Pemetaan Transformasi
c. Pemetaan Transaksi
d. Hierarki Kontrol
e. Desain dan Heuristik
a. Kamus data d. Desain Perangkat Lunak
b. Struktur Data e. Design Forces
c. Struktur Program
4. Dalam desain data, yang harus mendukung spesifikasi dan
realisasi dari tipe-tipe data abstrak adalah :
a. Kamus data d. Desain PL
b. Struktur Data e. Design Forces
c. Struktur Program
a. Kamus data d. Desain PL
b. Struktur Data e. Design Forces
c. Struktur Program
5. Untuk mengembangkan struktur program modular dan
merepresentasikan hubungan kontrol antar modul disebut desain …
a. Arsitektur d. Perangkat Lunak
b. Data e. Forces
c. Program
a. Arsitektur d. Perangkat Lunak
b. Data e. Forces
c. Program
Pertemuan 11
1. Yang bukan termasuk area desain interface adalah
a.Desain interface antara modul-modul PL
b.Desain interface antara Perangkat Lunak dan prosedur dan konsumen informasi
c.Desain interface antara seorang manusia dan komputer
d.Desain interface antara seorang user dan komputer
e.Desain interface antara hierarki program dan komputer
a.Desain interface antara modul-modul PL
b.Desain interface antara Perangkat Lunak dan prosedur dan konsumen informasi
c.Desain interface antara seorang manusia dan komputer
d.Desain interface antara seorang user dan komputer
e.Desain interface antara hierarki program dan komputer
2. Desain interface inter-modular dikendalikan oleh data yang
harus mengalir diantara modul-modul dan karakteristik bahasa pemrograman dimana
Perangkat Lunak akan diimplementasikan disebut:
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
3. Dimulai dengan evaluasi terhadap masing-masing entitas
eksternal yang direpresentasikan pada DFD model analisis disebut
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
4. Berkaitan dengan studi terhadap manusia juga terhadap
isu-isu teknologi disebut:
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
5. Dimulai dengan membuat model-model fungsi sistem yang
berbeda-beda. Kemudian digambarkan tugas yang berorientasi pada manusia dan
komputer yang dibutuhkan untuk mencapai fungsi sistem disebut
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
a. Desain interface pemakai internal
b. Desain interface pemakai eksternal
c. Desain interface pemakai
d. Desain interface manusia
e. Desain interface manusia mesin
Pertemuan 12
1. Tahap besar di akhir produksi Perangkat Lunak adalah
a. Desain b. Analisis
c. Implementasi d. Planning
e. Pengumpulan data
a. Desain b. Analisis
c. Implementasi d. Planning
e. Pengumpulan data
2. Tahap yang merupakan proses pembuatan kode program dalam
bahasa pemrograman tertentu sesuai dengan platform dan kesepakatan dengan
customer adalah
a. Desain b. Analisis
c. Implementasi d. Planning
e. Pengumpulan data
a. Desain b. Analisis
c. Implementasi d. Planning
e. Pengumpulan data
3. Gambar berikut adalah …
a. Rencana Implementasi b. Network Diagram
c. Path Diagram d. Gant Chart
e. Konversi Sistem
a. Rencana Implementasi b. Network Diagram
c. Path Diagram d. Gant Chart
e. Konversi Sistem
a. Persiapan tempat b. Pelatihan personil
b. Cakupan pelatihan c. Program pelatihan
e. Teknik dan alat program
5. Materi tertulis/video/audio yang menjabarkan cara
beroperasinya sebuah sistem, termasuk pokok bahasan yang harus dikuasi oleh
pemakai, termasuk ke dalam hal penting dalam implementasi untuk …
a. Persiapan tempat
b. Pelatihan personil
c. Cakupan pelatihan
d. Software untuk pelatihan interaktif
e. Persiapan/pembuatan dokumen
a. Persiapan tempat
b. Pelatihan personil
c. Cakupan pelatihan
d. Software untuk pelatihan interaktif
e. Persiapan/pembuatan dokumen
Pertemuan 13
1. Dalam proses testing, Input yang digunakan untuk menguji
sistem dan memprediksi output dari input jika sistem beroperasi sesuai dengan
spesifikasi adalah …
a. Test data d. Test report
a. Test data d. Test report
d. Test
result
b. Test cases
e. Test code
2. Gambar berikut adalah …
a. Proses Defect testing d. Proses code testing
b. Proses Failure Testing e. Proses result testing
c. Proses report Testing
a. Proses Defect testing d. Proses code testing
b. Proses Failure Testing e. Proses result testing
c. Proses report Testing
a. Test data d. Test code
b. Test cases e. Test result
c. Test report
4. Aspek yang dipertimbangkan dalam seberapa baik sistem yang
sudah dibangun adalah …
a. Test data
b. Test cases
c. Verifikasi dan validasi
d. Test Report
e. Integration Testing
a. Test data
b. Test cases
c. Verifikasi dan validasi
d. Test Report
e. Integration Testing
5. Pengujian dimana sistem ketika diimplementasikan sesuai
dengan yang diharapkan adalah …
a. Test data b. Test cases
c. Verifikasi d. Validasi
e. Integration Testing
a. Test data b. Test cases
c. Verifikasi d. Validasi
e. Integration Testing
Pertemuan 14
1. Dalam
karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Semakin baik dia bekerja semakin
efisien dia dapat diuji disebut …
a. Operabilitas d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
a. Operabilitas d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
2. Dalam
karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Apa yang anda lihat adalah apa yang
anda uji disebut …
a. Operabilitas d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
a. Operabilitas d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
3. Dalam
karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Semakin baik kita dapat mengontrol
Perangkat Lunak, semakin banyak pengujian yang dapat diotomatisasi dan
dioptimalkan disebut …
a. Operabilitas d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
a. Operabilitas d. Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
4. Dalam
karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, dengan mengontrol ruang lingkup
pengujian kita dapat lebih cepat mengisolasi masalah dan melakukan pengujian
kembali disebut…
a. Operabilitas
d.Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Dekomposabilitas
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Dekomposabilitas
5. Dalam
karakteristik Perangkat Lunak yang diuji, Semakin sedikit yg diuji semakin
cepat pengujian disebut …
a. Operabilitas d.Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
a. Operabilitas d.Kemampuan dipahami
b. Observabilitas e. Kontrolabilitas
c. Kesederhanaan
Download slidenya disini
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Baca juga materi Semester 7 Universitas BSI lainnya:
- Latihan Soal Proses Bisnis TI Universitas BSI Semester 7
- Latihan Soal Sistem Penunjang Keputusan SPK Universitas BSI Semester 7
- Latihan Soal Rekayasa Perangkat Lunak RPL Universitas BSI Semester 7
- Latihan Soal Penelitian Sistem Informasi Universitas BSI Semester 7
- Latihan Soal Data Mining Universitas BSI Semester 7
Komentar
Posting Komentar