Latihan Soal Sistem Pakar Pertemuan 1-6 Universitas BSI Semester 8
PERTEMUAN
1
1. Proses di mana peralatan mekanik
dapat melaksanakan kegiatankegiatan yang berdasarkan pada pemikiran atau
kecerdasan buatan disebut:
a. Pendekatan teknik
b. Pendekatan Ilmiah
c. Pendekatan statistik
d. Pendekatan terstruktur
e. Pendekatan tehnik dan ilmiah
2. Ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah komputer dapat melakukan kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia.
a. Pendekatan teknik
b. Pendekatan Ilmiah
c. Pendekatan statistik
d. Pendekatan terstruktur
e. Pendekatan tehnik dan ilmiah
a. Pendekatan teknik
b. Pendekatan Ilmiah
c. Pendekatan statistik
d. Pendekatan terstruktur
e. Pendekatan tehnik dan ilmiah
2. Ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah komputer dapat melakukan kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia.
a. Pendekatan teknik
b. Pendekatan Ilmiah
c. Pendekatan statistik
d. Pendekatan terstruktur
e. Pendekatan tehnik dan ilmiah
3. Program ini dapat digunakan untuk
memainkan gamedan punya kemampuan untuk menyimpan pengalaman untuk digunakan
pada permainan, disebut:
a. Checkers-playing program
b. General Problem Solver (GPS)
c. commonsense reasoning
d. Robot control
e. Manufacturing planning
4. Menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan, disebut:
a. Search d.Scientific analysis
b. Abstraction e.Commonsense Reasoning
c. Use of Knowledge
a. Checkers-playing program
b. General Problem Solver (GPS)
c. commonsense reasoning
d. Robot control
e. Manufacturing planning
4. Menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan, disebut:
a. Search d.Scientific analysis
b. Abstraction e.Commonsense Reasoning
c. Use of Knowledge
5. Yang tidak termasuk Cabang dari Artificial Inteligent adalah
a. Expert System d.Linguistic
b. Robotic e.Entity Relationship diagram
c. Machine Visionn
a. Expert System d.Linguistic
b. Robotic e.Entity Relationship diagram
c. Machine Visionn
PERTEMUAN 2
1. Suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran
data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian seorang
pakar, disebut:
a. Sistem pakar d.sistem interaksi
b. Fuzzy e.sistem database
c. Rekayasa Perangkat Lunak
2. Pengetahuan seorang pakar yang sudah diadaptasi kebentuk software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang tidak terbatas, disebut :
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Reduced danger
a. Sistem pakar d.sistem interaksi
b. Fuzzy e.sistem database
c. Rekayasa Perangkat Lunak
2. Pengetahuan seorang pakar yang sudah diadaptasi kebentuk software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang tidak terbatas, disebut :
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Reduced danger
3. Biaya memperbanyak software lebih murah dibanding menghadirkan
atau melatih seorang pakar, disebut:
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Reduced danger
4. Dapat digunakan pada keadaan dan atau lokasi yang membahayakan manusia, disebut :
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Reduced danger
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Reduced danger
4. Dapat digunakan pada keadaan dan atau lokasi yang membahayakan manusia, disebut :
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Reduced danger
5. Sistem pakar dapat dibuat dan digunakan secara simultan dengan
penggabungan beberapa pengetahuan dari banyak pakar, disebut :
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Multiple expertise
a. Increased Availability d.Permanence
b. Reduced cost e.Multiple expertise
c. Multiple expertise
PERTEMUAN 3
1. Suatu proses untuk mengumpulkan
data-data pengetahuan tentang suatu masalah dari pakar, disebut:
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
2. Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana untuk mengembangkan tabel-tabel penyimpanan data yang terangkum dalam sebuah database, disebut:
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
2. Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana untuk mengembangkan tabel-tabel penyimpanan data yang terangkum dalam sebuah database, disebut:
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
3. Bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan
isi daftar aturan berdasarkan urutan dan pola tertentu. Selama proses
konsultasi antara sistem dan pemakai, mekanisme inferensi menguji aturan satu
persatu sampai kondisi aturan itu benar, disebut:
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
4. Fasilitas ini memungkinkan sistem untuk mengembangkan dirinya
sendiri dengan memilah atau mengelompokan kembali fakta yang sudah ada,
disebut:
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
5. Bagian komponen sistem pakar yang memberikan penjelasan tentang
bagaimana program dijalankan, apa yang harus dijelaskan kepada pemakai tentang
suatu masalah, memberikan rekomendasi kepada pemakai, mengakomodasi kesalahan
pemakai dan menjelaskan bagaimana suatu masalah terjadi, disebut:
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem
PERTEMUAN 4
1. Salah satu kata dimana banyak orang mengetahui maknanya, tetapi
sulit untuk mendefinisikannya, disebut :
a. Pengetahuan d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
2. Suatu studi tentang pengetahuan, studi ini dihubungkan dengan alam, struktur dan keaslian pengetahuan, disebut:
a. Pengetahuan d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
a. Pengetahuan d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
2. Suatu studi tentang pengetahuan, studi ini dihubungkan dengan alam, struktur dan keaslian pengetahuan, disebut:
a. Pengetahuan d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
3. Epistemology mengekspresikan pengetahuan dalam tiga bentuk
yaitu:
a. Philosopy, priori dan posteriori
b. Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c. Philosopy, priori dan pengetahuan
d. Epistemology, Philosopy dan priori
e. Philosopy dan priori
4. Mengekspresikan kebenaran umum (general truth) yang terjadi di alam, yaitu:
a. Pengetahuan d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
a. Philosopy, priori dan posteriori
b. Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c. Philosopy, priori dan pengetahuan
d. Epistemology, Philosopy dan priori
e. Philosopy dan priori
4. Mengekspresikan kebenaran umum (general truth) yang terjadi di alam, yaitu:
a. Pengetahuan d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
5. Dibawah ini klasifikasi dari Pengetahuan yaitu :
a.procedural knowledge, declarative knowledge dan tacit knowledge
b.Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c.Philosopy, priori dan pengetahuan
d.Epistemology, Philosopy dan prior
e. epistemology
a.procedural knowledge, declarative knowledge dan tacit knowledge
b.Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c.Philosopy, priori dan pengetahuan
d.Epistemology, Philosopy dan prior
e. epistemology
PERTEMUAN 5
1. Dalam AI, yang digunakan untuk menjelaskan struktur pengetahuan
yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan semantik, disebut :
a. Skema d.Produksi
b. Jaringan e.Pengetahuan
c. Priori
2. Bentuk skema berasal dari :
a. Psikologic d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
a. Skema d.Produksi
b. Jaringan e.Pengetahuan
c. Priori
2. Bentuk skema berasal dari :
a. Psikologic d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
3. Abstraksi dimana obyek khusus diklasifikasikan dengan properti
umum, disebut :
a. Skema konseptual d.Skema phisik
b. Skema jaringan e.Skema frame
c. Skema
4. Menciptakan pelajaran hubungan tidak formal antara sebab dan akibat atau cara mengatasinya, penyebab akan diulangi jika menyenangkan atau dihindari jika menyakitkan,
disebut :
a. Psikologic d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
a. Skema konseptual d.Skema phisik
b. Skema jaringan e.Skema frame
c. Skema
4. Menciptakan pelajaran hubungan tidak formal antara sebab dan akibat atau cara mengatasinya, penyebab akan diulangi jika menyenangkan atau dihindari jika menyakitkan,
disebut :
a. Psikologic d.Priori
b. Epistemology e.Posteriori
c. Philosophy
5. Perbedaan umum, schema dengan jaringan adalah :
a.Schema memiliki struktur internal di dalam node nya
b.Tabel jaringan schema seluruh pengetahuannya tentang node
c.Jaringan schema seperti struktur data
d.Schema, kunci penelitian merupakan data yang disimpan dalam node
e.Jaringan berisi struktur data
a.Schema memiliki struktur internal di dalam node nya
b.Tabel jaringan schema seluruh pengetahuannya tentang node
c.Jaringan schema seperti struktur data
d.Schema, kunci penelitian merupakan data yang disimpan dalam node
e.Jaringan berisi struktur data
PERTEMUAN 6
1. Proporsi atau pernyataan yang selalu bernilai benar atau salah
karena berdasarkan fakta, disebut:
a. Premise d.Conclusion
b. Priori e.Schema
c. Node
2. Kesimpulan yang diturunkan dari dua pernyataan sebelumnya, disebut:
a. Premise d.Conclusion
b. Priori e.Schema
c. node
a. Premise d.Conclusion
b. Priori e.Schema
c. Node
2. Kesimpulan yang diturunkan dari dua pernyataan sebelumnya, disebut:
a. Premise d.Conclusion
b. Priori e.Schema
c. node
3. Serangkaian aksioma, yang berisi
symbol untuk menunjukkan obyek dan jenis, dan operasi aljabar untuk
memanipulasi symbol, disebut :
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema
4. Definisi fundamental dari system logika seperti matematika dan logika itu sendiri. Dengan hanya menggunakan aksioma dapat menghasilkan teori, disebut :
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema
4. Definisi fundamental dari system logika seperti matematika dan logika itu sendiri. Dengan hanya menggunakan aksioma dapat menghasilkan teori, disebut :
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema
5. Pernyataan yang dapat dibuktikan dengan menunjukkan bagaimana
teori tersebut diperoleh, yaitu dengan menggunakan aksioma, disebut :
a. Kontribusi Boole d.Aksioma
b. Teori e.priori
c. Schema
a. Kontribusi Boole d.Aksioma
b. Teori e.priori
c. Schema
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Baca juga materi Semester 8 Universitas BSI lainnya:
- Latihan Soal Sistem Pakar Pertemuan 1-6 Universitas BSI Semester 8
- Latihan Soal Sistem Paker Universitas BSI Semester 8
- Latihan Soal Sistem Pakar Pertemuan 9-14 Universitas BSI Semester 8
Komentar
Posting Komentar