Latihan Soal Sistem Pakar Pertemuan 9-14 Universitas BSI Semester 8


PERTEMUAN 9
1. Suatu bentuk geometri yang menghubungkan titik-titik (node) dengan garis/tanda panah (arch), disebut:
a. Tree                                                        d. Latice
b. Graph                                                    e. Node
c. Root
2. Bentuk Graph berarah, terbuka dimana selalu memiliki satu node sebagai root/akar atau start, node-node yang memiliki cabang dan sebagai root/akar atau start, nodenode yang memiliki cabang dan node-node yang tidak memiliki cabang yang disebut:
a. Tree                                                        d. Latice
b. Graph                                                    e. Node
c. leave/daun atau end

3. Parent bagi node dibawahnya dan begitu juga untuk setiap node yang bukan daun akan menjadi parent untuk node dibawahnya, disebut:
a. Tree                                                        d. Latice
b. Graph                                                    e. Node
c. Root
4. Bentuk Graph berarah, bisa terbuka bisa tertutup, dapat memiliki lebih dari satu node sebagai start, dan adanya kemungkinan dimana sebuah node memiliki lebih dari satu
parent serta dapat terjadi hanya ada satu node sebagai leave/daun, disebut:
a. Tree                                                        d. Latice
b. Graph                                                    e. Node
c. Root
5. Skema representasi pengetahuan dan metode pemberian alasan tentang pengetahuan itu, disebut :
a. Struktur keputusan                                d. Latice
b. Graph                                                    e. Node
c. Root

PERTEMUAN 10
1. Metode yang digunakan untuk menggambarkan inferensi adalah :
a. Deduktive logic                                     d. Conclusion
b. Sylogisme                                              e. Premises
c. Antecedent
2. Satu type argumen logika, yang memiliki dua premises dan satu conclusion adalah :
a. Deduktive logic                                     d. Conclusion
b. Sylogisme                                              e. Premises
c. Antecedent
3. Dalam argumen, premises digunakan sebagai bukti untuk mendukung conclusion (kesimpulan), dimana Premises disebut :
a. Deduktive logic                                     d. Conclusion
b. Sylogisme                                              e. Premises
c. Antecedent
4. Dalam argumen, premises digunakan sebagai bukti untuk mendukung conclusion (kesimpulan), dimana kesimpulan disebut :
a. Deduktive logic                                     d. Conclusion
b. Sylogisme                                              e. Premises
c. Consequent
5. Simbol disamping digunakan untuk menyatakan :
a. berarti/jadi (therefor)                             d. Conclusion
b. Sylogisme                                              e. Premises
c. Antecedent

PERTEMUAN 11
p → q, p; q
1. Notasi diatas untuk skema modus ponens yang digunakan sebagai pemisahkan premise, adalah :
a. Koma                                                     d. titik
b. Titik koma                                             e. tanda panah
c. Garis lurus
2. Notasi diatas untuk skema modus ponens yang digunakan sebagai pemisahkan conclusion, adalah:
a. Koma                                                     d. titik
b. Titik koma                                             e. tanda panah
c. Garis lurus
3. Bentuk khusus dari sylogisme, jika untuk kedua premise bernilai benar (T) maka nilai conclusion juga benar (T), disebut:
a. Modus ponens                                       d. Deduktive logic
b. Conclusion                                            e. Sylogisme
c. Antecedent
4. Hukum disamping disebut :
a. Hukum data skema
b. Hukum Kontra Positif
c. Hukum Modus Tollen
d. Hukum inferensi disjunletif
e. Hukum negasi ganda
5. Hukum disamping disebut :
a. Hukum data skema
b. Hukum Kontra Positif
c. Hukum Modus Tollen
d. Hukum inferensi disjunletif
e. Hukum negasi gand

PERTEMUAN 12
1. Salah satu metode inferensi yang berusaha menghubungkan masalah dengan solusinya, disebut :
a. Rangkaian                                              d. Plan-Generate-Test
b. Generate and Test                                 e. Certerain Factor
c. Analogi
2. Rangkaian yang menghubungkan keadaan/fakta yang dihadapi sebagai alasan kepada suatu kesimpulan, disebut:
a. Rangkaian Forward                               d. Plan-Generate-Test
b. Generate and Test                                 e. Certerain Factor
c. analogi
3. Rangkaian yang menghubungkan suatu keadaan/fakta yang dihadapi sebagai suatu hipotesa kepada fakta-fakta lain yang dapat mendukung hipotesa tersebut:
a. Rangkaian Backward                            d. Plan-Generate-Test
b. Generate and Test                                 e. Certerain Factor
c. Analogi
4. Ide pokok dari pemberian alasan dengan mencoba dan menghubungkan situasi lama (yang pernah terjadi) sebagai penuntun ke situasi yang baru, adalah:
a. Rangkaian Backward                            d. Plan-Generate-Test
b. Generate and Test                                 e. Certerain Factor
c. Analogi
5. Metode inferensi dalam AI klasik yang berusaha mendapatkan solusi dengan mengenerate atau membuat yang mirip solusi (diduga) melakukan test kemudian berhenti bila itu ternyata solusinya atau membuat lagi yang lain dan melakukan test lagi sampai ditemukan solusi, disebut:
a. Rangkaian Backward                            d. Plan-Generate-Test
b. Generate and Test                                 e. Certerain Factor
c. Analogi

PERTEMUAN 13
1. Sebutan untuk menyatakan kekurangan informasi yang memadai untuk mengambil suatu keputusan, adalah:
a. Prospector                                              d. Kepastian
b. Ketidak pastian                                     e. crossover
c Mutasi
2. Kesimpulan datang ketika semua bukti yang diperlukan untuk mengambil kesimpulan tidak diketahui dengan pasti, disebut:
a. Prospector                                              d. Kepastian
b. Ketidak pastian                                     e. crossover
c. Mutasi
3. Komputasi yang melibatkan data-data dengan ketidakpastian, ketidakakuratan maupun kebenaran yang parsial, disebut:
a. Prospector                                              d. Fuzzy Inference System (FIS)
b. Genetic Algorithm                                e. crossover
c. Soft Computing
4. Sistem inferensi yang mendasarkan logikanya dengan logika yang menyerupai bahasa sehari-hari, disebut :
a. Prospector                                              d. Fuzzy Inference System (FIS)
b. Genetic Algorithm                                e. crossover
c. Soft Computing
5. Komponen rule dan Deffuzifikasi adalah Fungsi keanggotaan dari :
a. Prospector                                              d. Fuzzy Inference System (FIS)
b. Genetic Algorithm                                e. Jaringan Syaraf Tiruan (JST)
c. Soft Computing

PERTEMUAN 14
1. Salah satu bahasa pemrograman untuk sistem pakar yang dibuat dari Bahasa C, dimana tipe inference yang dipakai rangkaian forward serta dikembangkan oleh NASA, adalah
a. CLIPS                                                   d. Fotran
b. C                                                            e. Asembler
c. Pascal
2. Pada Clips, field yang berupa kata, string, atau angka, disebut :
a. Fakta                                                      d. Daftar Fakta
b. Basis Pengetahuan                                e. Mesin Inference
c. Baris
3. Field pertama dari fakta secara normal digunakan untuk menunjukkan :
a. tipe informasi                                         d. Judul informasi
b. Relasi                                                     e. Fakta
c. Template
4. Fakta yang dapat digunakan untuk dokumen tipe informasi yang disimpan dalam fakta, adalah:
a. tipe informasi                                         d. Judul informasi
b. Relasi                                                     e. Fakta
c. Template
5. Komponen kedua dari sistem CLIPS, adalah :
a. Kolom                                                    d. Baris
b. Template                                                e. Tipe informasi

c. schema

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya