Latihan Soal Pertemuan 1-6 Interaksi Manusia Komputer IMK (667) UBSI Semester 4



Pertemuan 1

1. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun
a.1970
b.1990
c.1980
d.1960
e.2000

2. Media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 hal penting, yaitu :
a.Media tekstual dan GUI
b.Mikrotik dan Technologi
c.LAN dan MAN
d.Network dan GUI
e.Language dan Programming

3. Kepanjangan dari GUI, adalah …..
a.Gridline User Interface
b.Google User Interface
c.Grapic User Interface
d.Graphical User Interface
e.Generation User Interface

4. Dibawah ini yang termasuk Aspek Perangkat Keras (Hardware) pada system computer adalah:
a.CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive
b.Sistem Software, Application Software, Package Software
c.Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support
d.CPU, Monitor, Technical Support
e.Sistem Software, Application Software, Keyboard, Harddisk

5. Sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi dan evaluasi system komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait, dikenal sebagai definisi dari:
a.Interaksi Manusia Teknologi;
b.Interaksi Manusia Komputer:
c.Kerja sama Manusia Komputer:
d.Interaksi Manusia Komputerisasi;
e.Paket Interaksi Manusia Komputer;

Pertemuan 2

1. Dibawah ini adalah merupakan piranti (alat) output pada perangkat keras (hardware), yaitu :
a. Keyboard
b. Bar Code Reader
c. Scanner
d. Mouse
e. Monitor

2. Dibawah ini adalah merupakan piranti (alat) input pada perangkat keras (hardware), yaitu:
a. Monitor
b. Speaker Audio
c. Keyboard
d. Printer
e. LCD

3. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu :
a. Hardware, Software, Aplikasi
b. Brainware, Hardware, Software
c. Hardware, Brainware,Aplikasi
d. Aplikasi, Software, Brainware
e. Salah Semua

4. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ). disebut :
a. Hardware
b. Brainware
c. Komputer
d. Software
e. Sistem

5. Program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer seperti CPU dan hardware masukan/keluaran adalah :
a. Ms-Windows
b. Ms-Excel
c. Ms-Access
d. Ms. Visual Basic
e. Ms. Visual Foxpro

Pertemuan 3

1. Gambar dibawah ini adalah jenis keyboard :


a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e. Keyboard Stenotype

2. Gambar dibawah ini adalah jenis keyboard :


a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e. Keyboard Stenotype

3. Dibawah ini adalah jenis Piranti perangkat keras pengambilan gambar terformat, kecuali :
a. Bar Code Reader
b. Image Scanner
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Optical Character Recognation (OCR)

4. Dibawah ini yang merupakan jenis Piranti perangkat keras pengambilan gambar tidak terformat, adalah :
a. Bar Code Reader
b. Optical Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner

5. Yang termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali :
a. Tombol Fungsi
b. Tombol Kontrol
c. Alfabet
d. Tombol Alphanumerik
e. Tombol Numeric

Pertemuan 4

1. Pada ragam dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang berikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut :
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan Balik

2. Pada ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut :
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan Balik

3. Pada ragam dialog jika pengguna melakukan kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan kesalahan disebut :
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c.Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan Balik

4. Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan adalah :
a. Form Filling Dialogue
b. Natural Language Interface
c. Programming Language Dialogue
d. Dialoque Style
e. Command line Dialogue

5. Beberapa perintah seperti DIR, COPY, FORMAT, PASSWD, WHO, VI, LS merupakan terdapat pada kategori ragam dialog :
a. Programming Language Dialogue
b. Natural Language Interface
c. Form Filling Dialogue
d. Command line Dialogue
e. Salah Semua

Pertemuan 5

1. Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek pada prinsip desain interface disebut :
a.Implied actions
b .Explicit actions
c. User Control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency

2. Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi pada prinsip desain interface disebut :
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User Control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency

3. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain interface disebut :
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User Control
d. Aesthetic Integrity
e.Consistency

4. Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya pada prinsip desain interface disebut :
a. Direct Manipulation
b. WYSIWYG
c. Aesthetic Integrity
d. Explicit actions
e. Implied actions

5. Model yang digunakan dalam mendisain layout adalah, kecuali :
a. Berbasis Dokumen
b. Berbasis Non Dokumen
c. Utilitas
d. Non utilitas
e. Benar Semua

Pertemuan 6

1. Cara mengungkapkan atau meluapkan perasaan pengguna ketika telah berhadapan dengan sebuah system atau aplikasi adalah
a. User Experience
b. Admin Experience
c. Design Experience
d. Interface Experience
e. Unit Experience (UX)

2. User Experience tidak memiliki langkah-langkah yang harus diikuti sesuai standart, artinya UX …
a. Berubah-ubah
b. Tidak memiliki Metodologi
c. Bukanlah Usability
d. Sulit dikerjakan sendiri
e. Bukanlah User Interface

3. Elemen User Experience yaitu ...
a. Skeleton
b. Usability
c. Metodologi
d. Reliability
e. Dinamis

4. Untuk mengetahui nilai atau rating subyektif dari suatu isi dan fungus untuk batasan target tertentu adalah …
a. Usability
b. Scope
c. Skeleton
d. Utility
e. Surface

5. Strategi konten merupakan bagian dari …
a. Komponen User Experience Design
b. Fungsi UX
c. Tujuan User Interface
d. Faktor kesuksesan UX
e. Elemen UX


= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Baca juga materi Semester 4 UBSI lainnya:
Latihan Soal Sistem Operasi Pertemuan 9-12 BSI Semester 4
Latihan Soal UAS Pengantar Manajemen Sistem Informasi (PMPSI) BSI Semester 4
Soal Review Character Building BSI Semester 4 
Review PMPSI Pengantar Manajemen Proyek Sistem Informasi BSI Semester 4 
Latihan Soal Pengantar Manajemen Proyek Sistem Informasi PMPSI BSI Semester 4
Latihan Soal Analisa Perancangan Sistem Informasi APSI BSI Semester 4
Soal Review UTS Analisa dan Perancangan Sistem Informasi APSI BSI Semester 4


Kurikulum September 2019:
Latihan Soal Pertemuan 1-6 Manajemen Proyek Sistem Informasi (0009) UBSI Semester 4
Latihan Soal Pertemuan 1-6 Analisa dan Perancangan Sistem Informasi (547) UBSI Semester 4
Latihan Soal Pertemuan 1-6 Interaksi Manusia Komputer (667) UBSI Semester 4
Latihan Soal Pertemuan 1-6 Metode Penelitian (948) UBSI Semester 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya