Bussines Plan Usaha Promosi FAW Tour and Travel

BUSSINES PLAN
USAHA PROMOSI PERJALANAN WISATA
FAW TOUR AND TRAVEL CILONGOK





Oleh :
1.      Fatimah Isnaeni                    (12145191)
2.      Elfiatun Nurul Hidayah       (12145199)
3.      Anis Murniati                       (12145203)
4.      Fanny Fatmawati                 (12145216)
5.      Riyan Latifahul Hasanah     (12145229)
6.      Fahrum Nisa Asih                (12145257)


Kelas 12.1A.21
Manajemen Informatika
Bina Sarana Informatika Purwokerto
Tahun 2014




BUSSINES PLAN
USAHA PROMOSI PERJALANAN WISATA
FAW TOUR AND TRAVEL CILONGOK
Oleh
Kelompok : 9

LEMBAR PENGESAHAN
      1.      Judul Kegiatan                            : Usaha Promosi Perjalanan Wisata
      2.      Ketua Pengusul
a.       Nama                                    : Riyan Latifahul Hasanah
b.      Jurusan                                  : Manajemen Informatika
      3.      Anggota
a.       Nama/Nim                             : 1. Fatimah Isnaeni             / 12145191
                                                2. Elfiatun Nurul Hidayah / 12145199
                                                3. Anis Murniati                / 12145203
                                                4. Fanny Fatmawati           / 12145216
                                                5. Fahrum Nisa Asih         / 12145257
b.      Jurusan                                  : Manajemen Informatika
      4.      Dosen Pembimbing
a.       Nama                         : Hidayat Muhammad Nur, S.Kom.
b.      Mata Kuliah/Kelas    : Entrepreneurship/12.1A.21
      5.      Lokasi Yang Diusulkan              : FAW Tour and Travel Cilongok

Purwokerto, 1 Desember 2014
Pengusul



(Riyan Latifahul Hasanah)                   (Fatimah Isnaeni)                   (Elfiatun Nurul Hidayah)



       (Anis Murniati)                             (Fanny Fatmawati)                     (Fahrum Nisa Asih)




Daftar Isi
                                                                                                                                    Halaman
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
BAB I        PENDAHULUAN
A.    Judul Kegiatan
B.     Status Usaha
C.     Rasional Kegiatan
D.    Tujuan Kegiatan
BAB II       METODE PELAKSANAAN
A.    Produk Jasa
B.     Fasilitas yang Diberikan
C.     Proses Pelayanan Jasa
D.    Pemasaran
E.     Tempat Produksi
BAB III     TARGET
A.    Target Produk
B.     Target Konsumen
C.     Target Pendapatan
BAB IV     RENCANA BIAYA
BAB V       JADWAL PELAKSANAAN
BAB VI     ORGANISASI PELAKSANA
A.    Personil
B.     Pendamping
BAB VII    POTENSI KERJASAMA
BAB VIII  PENUTUP
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    JUDUL KEGIATAN
Judul kegiatan ini adalah “Usaha Promosi Perjalanan Wisata FAW Tour and Travel”.
“FAW Tour and Travel” adalah suatu perusahaan berbentuk CV yang bergerak dalam penyedia jasa perjalanan, baik itu perjalanan wisata ataupun non wisata. Usaha ini menyediakan berbagai jenis pelayanan seperti melayani perjalanan wisata, perjalanan religi (ziarah), outbond, travel, pembuatan surat perjalanan (seperti pasport dan visa), tiket pesawat, tiket kereta api, rental kendaraan, pemesanan kamar hotel, serta kunjungan industri. Selain dalam hal pariwisata, usaha ini telah merambah ke dalam usaha event organizer pada beberapa acara. Usaha ini telah memiliki izin legal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah sejak Oktober 2008.

B.     STATUS USAHA
Identitas Perusahaan
Nama Biro                  = FAW Tour and Travel
Nama CV                   = CV FAW
Nama Pemilik             = Bapak Fathul Aziz, S.Ag.
Bidang Usaha             = Jasa
Jenis Jasa                    = Tour and travel
Bentuk Badan Usaha = CV (Persekutuan Komanditer)
Alamat Perusahaan     = Kauman Cilongok RT 07 RW 01
                                       Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas
Nomor Telephone       = 085291444555 - (0281)7651555
Alamat blog                = fawtourtravel.blogspot.com
Alamat Facebook       = FAW Tour-Travel
Akta Notaris               = Puji Fitri Haryati, S.H.             
                                       Nomor : 03 / Tanggal : 19 Desember 2006
Izin                             = Izin Usaha Jasa Perjalanan Wisata
                                       No. 503/169/KKPI/2007
                                       Tanggal 7 Pebruari 2007 (dalam proses perpanjangan)
TDP                            = 11.07.3.55.01577
NPWP                        = 05.530.029.4-521.000
Golongan Usaha         = Perusahaan Kecil
Mulai Berdiri              = 7 Februari 2007 (Yuridis)
Status Usaha               = Pengembangan

Identitas Pemilik
Nama Pemilik             = Bapak Fathul Aziz, S.Ag.
Jabatan                        = Top Manager
Alamat Rumah           = Kauman Cilongok RT 07 RW 01
                                       Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas
Nomor Telephone       = 085647936555
Alamat E-mail            = fatchoelaziez@gmail.com
Pekerjaan Tetap          = Guru SMK Ma’arif NU 1 Cilongok

Usaha ini telah berjalan selama kurang lebih delapan tahun, dimulai pada tahun 2006 saat pemilik masih menjadi mahasiswa sekaligus santri di Jombang. Dan saat ini pemilik berkeinginan untuk mengembangkan usaha dari segala sisi agar dapat menjangkau konsumen secara lebih cepat dan mudah.

C.    RASIONAL KEGIATAN
Saat ini obyek-obyek wisata khususnya di Indonesia semakin menjamur dan ramai dikunjungi turis baik lokal maupun mancanegara. Masyarakat semakin menyadari kebutuhan akan hiburan dan rekreasi untuk mengobati kepenatan setelah bekerja atau belajar. Dan kini wisata tidak hanya menjadi kebutuhan pada saat musim libur saja, namun setiap ada kesempatan mereka menyempatkan diri untuk berwisata, seperti setiap akhir minggu.
Pada awal berdirinya, pemilik melihat peluang bisnis ketika banyak teman-teman kuliah dan pondok mencari kendaraan untuk pulang kampung. Selain itu hobi traveling yang beliau miliki menjadi salah satu alasan dipilihnya bidang jasa transportaasi ini sebagai usaha. Usaha ini diharapkan menjadi usaha sampingan selain profesi utama pemilik yaitu sebagai guru SMK.
Alasan kelompok kami memilih usaha ini sebagai bahan riset karena kami ingin memiliki pengetahuan dalam bidang tour dan travel. Selain itu usaha ini sangat menjanjikan dan akan terus dibutuhkan oleh masyarakat.
D.    TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan usaha :
Selain untuk menyalurkan hobi, usaha ini dapat memberikan pendapatan tambahan bagi pemilik dan karyawan-karyawannya, serta dapat membuka peluang kerja bagi orang-orang dilingkungan sekitarnya.

Tujuan kegiatan riset  :
Dari kegiatan riset ini diharapkan menjadi media promosi untuk mengenalkan produk jasa ini. Selain itu dari sisi mahasiwa dapat menjadi media pembelajaran tentang bidang usaha jasa tour dan travel serta memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan usaha.




BAB II
METODE PELAKSANAAN

A.    PRODUK JASA

FAW Tour and Travel telah banyak menyediakan jasa dalam bidang transportasi dan pariwisata, seperti perjalanan wisata, perjalanan religi/ziarah, outbond, travel, pembuatan surat perjalanan (seperti pasport dan visa), tiket pesawat, tiket kereta api, rental kendaraan, kunjungan industri, pemesanan kamar hotel, serta event organizer. Namun dalam bussines plan ini kami memberi batasan ruang lingkup pada jasa perjalanan wisata dan rekreasi.

Berikut kami sajikan contoh produk jasa perjalanan wisata dan rekreasi yang disediakan oleh FAW Tour and Travel.

PRODUK JASA TOUR “FAW TOUR AND TRAVEL”
Nama Kegiatan
Obyek yang Dikunjungi
Lama Tour
Biaya per Orang
Tour Bali
Tanah Lot, Jogger, Pantai Kuta, Galuh, Tari Kecak, GWK, Tanjung Benoa, Pasar Seni Sukowati, Danau Bedugul, Celuk
5 Hari
Rp 900.000,-
Tour Jakarta
TMII, Monas, Ancol, Istiqlal, Dufan, WTC Mangga Dua
3 Hari
Rp 700.000,-
Tour Jakarta
TMII, Monas, Ancol, Istiqlal, WTC Mangga Dua
2 Hari
Rp 550.000,-
Tour Yogyakarta
Museum Dirgantara, Kraton, Taman Pintar, Malioboro, Borobudur, Parangtritis
2 Hari
Rp 300.000,-
Tour Cilacap
Pantai Widara Payung, P. Logending, P. Jatijajar, Banteng Van Deerwicjt
1 Hari
Rp 100.000,-
Tour Bandung
Taman Safari, Tangkuban Perahu, Cihampelas, Trans Studio
4 Hari
Rp 500.000,-
Tour Karimunjawa
Pulau Cemara Besar & Cemara Kecil, Pantai Ujung Gelaran, Pulau Menjangan Besar & Kecil
2 Hari
Rp 850.000,-
Tour Pangandaran
Pantai Pangandaran, Pasir Putih, Cagar Alam, Batu Hiu, Karang Nini
1 Hari
Rp 150.000,-
Ziarah Demak, Kudus, Jogja
Masjid Agung Demak, Makam Sunan Kalijaga, Makam Sunan Kudus, Masjid Agung Jawa Tengah, Borobudur, Pantai Parang Tritis, Malioboro
2 Hari
Rp 350.000,-

Keterangan :
·         Lama tour termasuk lama perjalanan
·         Biaya perorang sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan program yang dipesan konsumen
·         Obyek wisata yang dikunjungi pada tiap-tiap lokasi dapat dipilih oleh konsumen
Dalam memberikan pelayanannya, FAW Tour and Travel berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Mulai dari bus yang berkualitas, tour leader dan local guide yang berpengalaman, ketersediaan P3K dan asuransi wisata, akomodasi yang nyaman, konsumsi yang sesuai dengan program, dan fasilitas-fasilitas lain yang akan menunjang kenyamanan konsumen selama perjalanan.

B.     FASILITAS YANG DIBERIKAN

Kepuasan, keselamatan dan kenyamanan konsumen menjadi hal yang diutamakan oleh usaha ini. Sehingga segala hal yang diperlukan akan dipersiapkan sematang mungkin untuk menunjang kelancaran acara dan mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Berikut adalah fasilitas tour yang diberikan oleh FAW Tour and Travel :
·         Bus pariwisata AC  + TV
FAW Tour and Travel telah bekerja sama dengan banyak PO (perusahaan otobus), sehingga memungkinkan perusahaan untuk melayani konsumen sesuai anggaran yang konsumen miliki. PO yang sering digunakan antara lain Teguh Muda, Sinar Mas, dan Satria Muda.
·         Tour leader
Tour leader bertugas sebagai pemandu selama perjalanan dan mengatur jalannya kegiatan pariwisata. Tour leader ini merupakan karyawan FAW Tour and Travel yang diharuskan cakap dalam mengkoordinir acara.
·         Local guide
FAW Tour and Travel berharap agar rekreasi yang dilakukan tidak hanya menjadi sekedar rekreasi, namun ada unsur edukatif yang dimasukkan dalam perjalanan wisata tersebut. Dalam hal ini, perusahaan menyediakan fasilitas local guide yang nantinya akan memandu peserta di obyek-obyek wisata yang memiliki unsur pembelajaran, sebagai contoh di Benteng Van DeerWijck, Museum Dirgantara, Taman Pintar, dan sebagainya.
·         P3K ringan
Dalam beberapa perjalanan sering terjadi kecelakaan ringan, seperti peserta tour yang mabuk perjalanan, terkilir, terjatuh, dan sebagainya. Untuk mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, FAW Tour and Travel menyediakan fasilitas P3K ringan (plester, betadine, antimo, minyak kayu putih, obat diare, dsb).
·         Asuransi wisata
Keselamatan konsumen menjadi hal yang diutamakan oleh perusahaan ini. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, FAW Tour and Travel telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi, dalam hal ini dengan Jasa Raharja.
·         Feri penyebrangan
Untuk tour lintas pulau seperti tour ke Bali, feri merupakan kebutuhan utama dalam lintas penyebrangan. Untuk memperlancar perjalanan, FAW telah memiliki mitra kerja di beberapa pelabuhan besar. 
·         Akomodasi/penginapan
Untuk tour yang membutuhkan waktu cukup lama, penginapan menjadi hal yang sangat diperlukan. Demi kenyamanan konsumen, FAW Tour and Travel telah bekerjasama dengan beberapa hotel atau desa wisata di beberapa lokasi tour. Selain itu asrama haji juga kerap dijadikan pilihan tempat penginapan. Karena jenis penginapan yang digunakan disesuaikan dengan program yang dipilih konsumen.
·         Konsumsi
Jenis konsumsi yang disediakan tergantung dari program yang dipilih oleh konsumen. Dan frekuensi makan tergantung dari lamanya tour.
·         Tiket obyek wisata
Dalam menangani kebutuhan tiket obyek wisata, FAW telah bekerjasama dengan lokasi-lokasi wisata di banyak daerah. Perusahaan membeli tiket berupa voucher masuk jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan agar memudahkan dalam pengelolaan. Setelah itu, voucher akan dibagikan kepada peserta sebelum pemberangkatan.
·         Dokumentasi
Pada saat perjalanan, FAW akan mendokumentasikan perjalanan tersebut dengan menggunakan fasilitas kamera dan handycam perusahaan. Dan saat tour telah berakhir, perusahaan akan memberikan soft copy dokumentasi berupa kaset CD kepada konsumen.
·         Free peserta tour
Untuk menarik konsumen, FAW memberikan promo tertentu. Sebagai contoh jika jumlah peserta lebih dari 75 orang, maka akan diberikan free peserta sebanyak empat orang per bus.
·         Dan hal-hal lain sesuai kebutuhan
Beberapa fasilitas lain juga disediakan oleh perusahaan, seperti banner pada bus, kantong plastik, air mineral dalam botol, dan lain-lain.


C.    PROSES PELAYANAN JASA

Dalam mendapatkan job/order jasa, perusahaan tidak selalu mengajukan surat penawaran terlebih dahulu. Sering kali konsumen yang mendatangi perusahaan, lalu akan dirundingkan bersama tentang program perjalanan yang akan dilakukan. Setelah didapat program yang sesuai, perusahaan akan menghubungi mitra kerja guna memenuhi semua fasilitas yang dibutuhkan selama perjalanan, mulai dari bus, tiket obyek wisata, konsumsi, akomodasi, dan sebagainya.

Disamping menghubungi mitra kerja, biro juga akan melakukan konfirmasi kepada konsumen tentang segala hal yang dianggap penting untuk diketahui konsumen. Setelah ada kesesuaian, diantara perusahaan dan konsumen akan membuat surat perjanjian. Surat perjanjian ini sangat penting untuk mengikat kedua belah pihak. Lalu pembayaran akan dilakukan oleh konsumen secara bertahap. Misalnya, uang muka 25%, kemudian 50%, dan 25% sisanya dibayarkan dua hari sebelum perjalanan.

Berikut kami gambarkan alur dari proses pelayanan jasa perjalanan :

Dalam melakukan hubungan/komunikasi perusahaan menggunakan banyak jalur komunikasi, misal telefon, e-mail, atau secara langsung diadakan pertemuan antara pihak-pihak yang berkepentingan.

FAW Tour and Travel memiliki enam orang karyawan. Masing-masing yaitu :
1.      Top Manajer
Merupakan pimpinan utama yang mengkoordinir seluruh aktifitas perusahaan. Pimpinan disini adalah pemilik, yaitu Bapak Fachtur Aziz.
2.      Staf Administrasi dan Akomodasi
Staf ini memiliki tugas melakukan pencatatan atas semua transaksi dan kegiatan yang dilakukan perusahaan. Selain itu staf ini memiliki tugas untuk mencari akomodasi untuk setiap perjalanan konsumen. Ketrampilan utama yang dibutuhkan adalah lancar menggunakan komputer dan melakukan kegiatan administrasi.
3.      Staf Keuangan
Staf ini memiliki tugas untuk mengatur keluar masuknya uang kas perusahaan dan mencatat seluruh transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Ketrampilan yang dibutuhkan adalah lancar menggunakan komputer dan melakukan pembukuan akuntansi.
4.      Divisi Pemasaran
Karyawan ini bertugas untuk melakukan kegiatan pemasaran dalam rangka menjangkau konsumen sebanyak mungkin. Karyawan ini diharuskan pandai berkomuniksi dan meyakinkan konsumen tentang keunggulan biro perjalanan FAW.
5.      Divisi Wisata
Karyawan pada bagian ini bertugas untuk memegang kendali dan mengkoordinir seluruh kegiatan yang berkaitan dengan wisata. Tenaga kerja bagian ini haruslah orang yang mengerti banyak tentang kegiatan wisata, termasuk lokasi-lokasi wisata yang nantinya akan dikunjungi.
6.      Divisi Ziarah
Tidak berbeda jauh dengan karyawan pada Divisi Wisata, karyawan ini bertugas untuk mengatur perjalanan religi/ziarah.

D.    PEMASARAN

Dari data perusahaan yang didapat setiap tahunnya, kami melihat bahwa setiap jenis produk jasa yang usaha ini berikan memiliki target pasar tersendiri. Namun secara umum target pasar yang dimiliki adalah kelompok pelajar, mahasiswa dan civitas akademika perguruan tinggi lokal dan nasional, masyarakat profesional, perusahaan lokal dan nasional, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat umum
Berikut kami sajikan target pasar FAW Tour and travel berdasarkan produk jasa : 

Dari kurang lebih 2200 sekolah di Wilayah Banyumas mulai dari TK sampai perguruan tinggi, perusahaan menargetkan 2% dari total sekolah akan menjadi konsumen pada tahun 2015, yaitu sekitar 44 konsumen dari lingkungan pelajar. Sedangkan target pasar lain 15 konsumen pertahun.

Dilihat semakin banyaknya usaha sejenis di wilayah Purwokerto dan sekitarnya, FAW Tour and Travel menerapkan beberapa strategi untuk mendapatkan perhatian konsumen. Diantaranya :
·         FAW Tour & Travel melayani sistem biaya sewa bus per hari atau per jam. Sehingga konsumen bebas menggunakan bus sesuai kebutuhan.
·         Perusahaan akan memberikan potongan harga untuk perjalanan wisata diluar hari libur, dalam hal ini selain hari Sabtu Minggu, hari libur nasional, ataupun hari libur akademik.
·         Pengenaan tarif yang dikenakan bersifat sosial untuk perjalanan ziarah dan pelayatan.
·         Penerapan tarif murah dilakukan secara fleksibel sesuai dengan program dan biaya yang sanggup ditanggung konsumen.
·         Meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada pelanggan seperti keramahan, ketepatan waktu dan keterampilan berbahasa asing.
·         Memaksimalkan proses pelayanan jasa, sehingga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat luas terhadap perusahaan FAW Tour and Travel ini.
·         Pemasaran dilakukan melalui beberapa media, diantaranya dari mulut ke mulut, brosur, surat penawaran dan internet.
Walaupun biro jasa ini tergolong sebagai perusahaan kecil, namun cakupan pemasaran yang dimiliki sudah sampai tingkat lokal Jawa. Biro ini pernah menerima pesanan jasa perjalanan dari daerah Semarang dan Jombang. Dan saat ini perusahaan tengah berupaya untuk memperluas pemasaran hingga tingkat nasional.


E.    TEMPAT USAHA
Usaha ini masih berbasis konvensional atau kegiatan pelayanan secara sederhana. Hal ini membuat tempat usaha menjadi hal yang masih dikesampingkan oleh perusahaan. Sementara ini tempat usaha masih berlokasi di rumah pemilik, yaitu di Desa Kauman Cilongok RT 07 RW 01, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.
Tempat usaha ini sangat berdekatan dengan tempat-tempat umum, mulai dari TK, SD, SMP, MTS, SMK, pondok pesantren, dan pengajian. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha jasa ini karena sangat strategis dan mempermudah mendapatkan konsumen. 
Pemilik berkeinginan untuk membuka kantor pemasaran di tempat yang lebih mudah ditemukan seperti di pinggir jalan raya, karena tempat usaha yang sekarang dimiliki walaupun strategis dari segi lingkungan, namun lokasinya masih sedikit sulit ditemukan karena masuk gang kecil.




BAB III
TARGET

A.    TARGET PRODUK

Saat ini jangkauan pelayanan tour FAW Tour and Travel masih wilayah domestik. Selain itu, pelayanan event organizer yang diberikan perusahaan masih sangat terbatas pada lingkup acara religi. Kedepannya perusahaan menargetkan untuk melayani perjalanan wisata mancanegara dan melayani event organizer pada acara-acara lainnya, seperti ulang tahun perusahaan, resepsi pernikahan, dan sebagainya.

B.     TARGET KONSUMEN
Berikut ini kami perkiraan jumlah konsumen setiap tahunnya untuk masing-masing jasa FAW Tour and Travel :
Jenis Jasa
2014
2015
2016
2017
Perjalanan Wisata
20
22
25
29
Perjalanan Religi
5
8
11
15
Outbond
3
4
5
7
Kunjungan Industri
7
9
11
14
Lain-lain
3
4
5
6

C.    TARGET PENDAPATAN

Usaha tour dan travel tidak dapat ditargetkan dalam periode bulanan. Dikarenakan beberapa jasa tertentu seperti perjalanan wisata ramai hanya pada saat-saat tertentu. Untuk itu perusahaan menargetkan pendapatan berupa keuntungan per pelayanan kepada konsumen. Misalkan untuk setiap perjalanan wisata perusahaan menargetkan keuntungan kurang lebih 6,5% dari  total pendapatan kotor.




BAB IV
RENCANA BIAYA

Berikut ini kami sajikan contoh rencana biaya yang akan dikeluarkan oleh FAW Tour and Travel dalam satu kali perjalanan wisata. Dalam hal ini kunjungan yang dilakukan ke Jogja dengan obyek wisata Merapi, Pantai Parangtritis, Malioboro, dan kunjungan lain selama 2 hari yang diikuti oleh 204 peserta dari Dharma Wanita Cilongok dan 4 orang crew.

Fasilitas
Harga
Unit
Frek
Total
Fasilitas Utama
Bus
 Rp  4.000.000
4
1
 Rp  16.000.000
Driver, Co Driver
 Rp    300.000
4
1
 Rp    1.200.000
Tour Leader
 Rp    250.000
4
1
 Rp    1.000.000
Operasional
 Rp    500.000
4
1
 Rp    2.000.000
Tol
 Rp         -
-
-
 Rp          -
Perlengkapan P3K
 Rp    100.000
4
1
 Rp      400.000
Dokumentasi
 Rp    150.000
4
1
 Rp      600.000
Tiket Obyek Wisata
 Rp      50.000
208
1
 Rp  10.400.000
Konsumsi
 Rp      15.000
208
2
 Rp    6.240.000
Akomodasi
 Rp           -
 -
 Rp             -
Feri Penyebrangan
 Rp           -
 -
-
 Rp             -
Asuransi
 Rp       5.000
208
1
 Rp    1.040.000
TOTAL BIAYA
 Rp  38.880.000

Total Peserta
170
Free Peserta
34
Total Peserta Tour
204

 Biaya per Peserta
= Rp 38.880.000 / 170
 Rp    228.706
 Biaya Komisi

 Rp      25.000
 Harga Bersih

 Rp    253.706

 Harga Jual per Peserta

 Rp    270.000
 Keuntungan per Peserta
= Rp 270.000 - Rp 253.706
 Rp      16.294
Total Keuntungan per Perjalanan
Rp 2.770.000





BAB V
JADWAL PELAKSANAAN

Kegiatan
Minggu 1
Minggu 2
Minggu 3 dst.
Riset 1





















Penyusunan Makalah





















Riset 2





















Penyusunan Makalah





















Penyusunan Powerpoint





















Presentasi





















Pembaruan Blog






















Nama Kegiatan
Tanggal
Waktu
Keterangan
Riset 1
26 November 2014
10.30 – 12.30
Wawancara awal
Penyusunan Makalah
26-28 November 2014
Setelah kuliah
Menyusun outline
Riset 2
29 November 2014
11.30 – 14.00
Wawancara lanjutan
Penyusunan Makalah
29-30 November 2014
11.15 – 15.30
Menyelesaikan makalah
Penyusunan PPT
27 Nov - 1 Desember 2014
Setelah kuliah
Menyusun PPT





BAB VI
ORGANISASI PELAKSANA

A.    PERSONIL

Leader
: Riyan Latifahul Hasanah
        Tugas
: Mengkoordinir anggota dalam melakukan riset, menyusun makalah,   menyusun power point, dan lain-lain
Co Leader
: Fahrum Nisa Asih
       Tugas
: Membantu leader dalam melaksanakan tugas-tugasnya
Sekretaris
: Elfiatun Nurul Hidayah
       Tugas
: Mencatat data hasil riset dan wawancara
Sie. Komunikasi
: Anis Murniati
       Tugas
: Berkoordinasi dengan narasumber
Anggota
: 1. Fatimah Isnaeni
  2. Fanny Fatmawati
       Tugas
: Bersama-sama dengan anggota lain menyusun makalah dan power
  point

B.     PENDAMPING


Dosen
: Hidayat Muhammad Nur, S.Kom.
Tugas pendamping yang diharapkan
: 1. Memberikan arahan dalam melakukan riset dan penyusunan
      makalah
  2. Memberikan masukan ketika mengalami kesulitan dalam
      pelaksanaan kegiatan





BAB VII
POTENSI

A.    PELUANG KOMERSIAL
Kegiatan ini memberikan peluang secara komersial bagi kami jika kami mampu mempromosikan dan mendapatkan konsumen yang akan menggunakan jasa FAW Tour and Travel. Selain itu ketrampilan penguasaan IT yang didapat di kampus dapat menjadi bekal bagi kami untuk mempromosikan produk jasa FAW melalui media internet.

B.     PELUANG KERJASAMA

Saat ini perusahaan tengah merencanakan berdirinya kantor cabang baru di Mojokerto, Jawa Timur. Sehingga semakin berkembangnya kerjasama perusahaan dengan PO di wilayah tersebut. Disamping itu, FAW Tour and Travel juga membuka peluang bagi masyarakat yang berkeinginan untuk menjadi agen perusahaan ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya