Bussines Plan Usaha Promosi FAW Tour and Travel
BUSSINES PLAN
USAHA PROMOSI
PERJALANAN WISATA
FAW TOUR AND
TRAVEL CILONGOK
Oleh
:
1. Fatimah
Isnaeni (12145191)
2. Elfiatun
Nurul Hidayah (12145199)
3. Anis
Murniati (12145203)
4. Fanny
Fatmawati (12145216)
5. Riyan
Latifahul Hasanah (12145229)
6. Fahrum
Nisa Asih (12145257)
Kelas 12.1A.21
Manajemen
Informatika
Bina Sarana
Informatika Purwokerto
Tahun 2014
BUSSINES PLAN
USAHA
PROMOSI PERJALANAN WISATA
FAW
TOUR AND TRAVEL CILONGOK
Oleh
Kelompok : 9
LEMBAR
PENGESAHAN
1.
Judul Kegiatan : Usaha Promosi Perjalanan Wisata
2.
Ketua Pengusul
a. Nama : Riyan
Latifahul Hasanah
b. Jurusan : Manajemen
Informatika
3.
Anggota
a. Nama/Nim : 1. Fatimah
Isnaeni / 12145191
2. Elfiatun Nurul Hidayah / 12145199
3. Anis Murniati / 12145203
4. Fanny Fatmawati / 12145216
5. Fahrum Nisa Asih /
12145257
b. Jurusan : Manajemen
Informatika
4.
Dosen Pembimbing
a. Nama : Hidayat Muhammad Nur,
S.Kom.
b. Mata
Kuliah/Kelas :
Entrepreneurship/12.1A.21
5.
Lokasi Yang Diusulkan : FAW Tour and Travel Cilongok
Purwokerto,
1 Desember 2014
Pengusul
(Riyan Latifahul
Hasanah) (Fatimah
Isnaeni) (Elfiatun Nurul
Hidayah)
(Anis Murniati) (Fanny Fatmawati) (Fahrum
Nisa Asih)
Daftar Isi
Halaman
HALAMAN
SAMPUL
HALAMAN
PENGESAHAN
BAB
I PENDAHULUAN
A. Judul
Kegiatan
B. Status
Usaha
C. Rasional
Kegiatan
D. Tujuan
Kegiatan
BAB
II METODE PELAKSANAAN
A. Produk
Jasa
B. Fasilitas
yang Diberikan
C. Proses
Pelayanan Jasa
D. Pemasaran
E. Tempat
Produksi
BAB
III TARGET
A. Target
Produk
B. Target
Konsumen
C. Target
Pendapatan
BAB
IV RENCANA BIAYA
BAB
V JADWAL PELAKSANAAN
BAB
VI ORGANISASI PELAKSANA
A. Personil
B. Pendamping
BAB
VII POTENSI KERJASAMA
BAB
VIII PENUTUP
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. JUDUL KEGIATAN
Judul
kegiatan ini adalah “Usaha Promosi Perjalanan Wisata FAW Tour and Travel”.
“FAW Tour and Travel”
adalah suatu perusahaan berbentuk CV yang bergerak dalam penyedia jasa
perjalanan, baik itu perjalanan wisata ataupun non wisata. Usaha ini
menyediakan berbagai jenis pelayanan seperti melayani perjalanan wisata,
perjalanan religi (ziarah), outbond, travel, pembuatan surat perjalanan
(seperti pasport dan visa), tiket pesawat, tiket kereta api, rental kendaraan, pemesanan
kamar hotel, serta kunjungan industri. Selain dalam hal pariwisata, usaha ini
telah merambah ke dalam usaha event
organizer pada beberapa acara. Usaha ini telah memiliki izin legal dari
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah sejak Oktober 2008.
B. STATUS USAHA
Identitas
Perusahaan
Nama Biro =
FAW Tour and Travel
Nama CV =
CV FAW
Nama Pemilik =
Bapak Fathul Aziz, S.Ag.
Bidang Usaha =
Jasa
Jenis Jasa =
Tour and travel
Bentuk Badan Usaha =
CV (Persekutuan Komanditer)
Alamat Perusahaan =
Kauman Cilongok RT 07 RW 01
Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas
Nomor Telephone =
085291444555 - (0281)7651555
Alamat blog =
fawtourtravel.blogspot.com
Alamat Facebook =
FAW Tour-Travel
Akta Notaris =
Puji Fitri Haryati, S.H.
Nomor : 03 / Tanggal : 19 Desember 2006
Izin =
Izin Usaha Jasa Perjalanan Wisata
No. 503/169/KKPI/2007
Tanggal 7 Pebruari 2007 (dalam proses
perpanjangan)
TDP =
11.07.3.55.01577
NPWP =
05.530.029.4-521.000
Golongan Usaha =
Perusahaan Kecil
Mulai Berdiri =
7 Februari 2007 (Yuridis)
Status Usaha =
Pengembangan
Identitas Pemilik
Nama Pemilik =
Bapak Fathul Aziz, S.Ag.
Jabatan =
Top Manager
Alamat Rumah =
Kauman Cilongok RT 07 RW 01
Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas
Nomor Telephone =
085647936555
Pekerjaan Tetap = Guru SMK Ma’arif NU 1 Cilongok
Usaha
ini telah berjalan selama kurang lebih delapan tahun, dimulai pada tahun 2006
saat pemilik masih menjadi mahasiswa sekaligus santri di Jombang. Dan saat ini
pemilik berkeinginan untuk mengembangkan usaha dari segala sisi agar dapat
menjangkau konsumen secara lebih cepat dan mudah.
C. RASIONAL KEGIATAN
Saat
ini obyek-obyek wisata khususnya di Indonesia semakin menjamur dan ramai
dikunjungi turis baik lokal maupun mancanegara. Masyarakat semakin menyadari
kebutuhan akan hiburan dan rekreasi untuk mengobati kepenatan setelah bekerja
atau belajar. Dan kini wisata tidak hanya menjadi kebutuhan pada saat musim
libur saja, namun setiap ada kesempatan mereka menyempatkan diri untuk
berwisata, seperti setiap akhir minggu.
Pada awal berdirinya,
pemilik melihat peluang bisnis ketika banyak teman-teman kuliah dan pondok
mencari kendaraan untuk pulang kampung. Selain itu hobi traveling yang beliau
miliki menjadi salah satu alasan dipilihnya bidang jasa transportaasi ini
sebagai usaha. Usaha ini diharapkan menjadi usaha sampingan selain profesi
utama pemilik yaitu sebagai guru SMK.
Alasan kelompok kami
memilih usaha ini sebagai bahan riset karena kami ingin memiliki pengetahuan
dalam bidang tour dan travel. Selain itu usaha ini sangat menjanjikan dan akan
terus dibutuhkan oleh masyarakat.
D.
TUJUAN
KEGIATAN
Tujuan kegiatan usaha :
Selain
untuk menyalurkan hobi, usaha ini dapat memberikan pendapatan tambahan bagi
pemilik dan karyawan-karyawannya, serta dapat membuka peluang kerja bagi
orang-orang dilingkungan sekitarnya.
Tujuan kegiatan riset :
Dari
kegiatan riset ini diharapkan menjadi media promosi untuk mengenalkan produk
jasa ini. Selain itu dari sisi mahasiwa dapat menjadi media pembelajaran
tentang bidang usaha jasa tour dan travel serta memberikan peluang untuk
mendapatkan penghasilan usaha.
BAB II
METODE PELAKSANAAN
A.
PRODUK
JASA
FAW Tour and Travel telah banyak
menyediakan jasa dalam bidang transportasi dan pariwisata, seperti perjalanan
wisata, perjalanan religi/ziarah, outbond, travel, pembuatan surat perjalanan
(seperti pasport dan visa), tiket pesawat, tiket kereta api, rental kendaraan,
kunjungan industri, pemesanan kamar hotel, serta event organizer. Namun dalam bussines plan ini kami memberi batasan
ruang lingkup pada jasa perjalanan wisata dan rekreasi.
Berikut kami sajikan contoh produk jasa
perjalanan wisata dan rekreasi yang disediakan oleh FAW Tour and Travel.
PRODUK
JASA TOUR “FAW TOUR AND TRAVEL”
Nama Kegiatan
|
Obyek yang Dikunjungi
|
Lama Tour
|
Biaya per Orang
|
Tour Bali
|
Tanah Lot, Jogger, Pantai Kuta, Galuh,
Tari Kecak, GWK, Tanjung Benoa, Pasar Seni Sukowati, Danau Bedugul, Celuk
|
5 Hari
|
Rp 900.000,-
|
Tour Jakarta
|
TMII, Monas, Ancol, Istiqlal, Dufan,
WTC Mangga Dua
|
3 Hari
|
Rp 700.000,-
|
Tour Jakarta
|
TMII, Monas, Ancol, Istiqlal, WTC
Mangga Dua
|
2 Hari
|
Rp 550.000,-
|
Tour Yogyakarta
|
Museum Dirgantara, Kraton, Taman
Pintar, Malioboro, Borobudur, Parangtritis
|
2 Hari
|
Rp 300.000,-
|
Tour Cilacap
|
Pantai Widara Payung, P. Logending, P.
Jatijajar, Banteng Van Deerwicjt
|
1 Hari
|
Rp 100.000,-
|
Tour Bandung
|
Taman Safari, Tangkuban Perahu,
Cihampelas, Trans Studio
|
4 Hari
|
Rp 500.000,-
|
Tour Karimunjawa
|
Pulau Cemara Besar & Cemara Kecil,
Pantai Ujung Gelaran, Pulau Menjangan Besar & Kecil
|
2 Hari
|
Rp 850.000,-
|
Tour Pangandaran
|
Pantai Pangandaran, Pasir Putih, Cagar
Alam, Batu Hiu, Karang Nini
|
1 Hari
|
Rp 150.000,-
|
Ziarah
Demak, Kudus, Jogja
|
Masjid
Agung Demak, Makam Sunan Kalijaga, Makam Sunan Kudus, Masjid Agung Jawa
Tengah, Borobudur, Pantai Parang Tritis, Malioboro
|
2 Hari
|
Rp 350.000,-
|
Keterangan
:
·
Lama tour termasuk lama perjalanan
·
Biaya perorang sewaktu-waktu dapat
berubah sesuai dengan program yang dipesan konsumen
·
Obyek wisata yang dikunjungi pada
tiap-tiap lokasi dapat dipilih oleh konsumen
Dalam memberikan pelayanannya, FAW Tour
and Travel berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Mulai dari bus
yang berkualitas, tour leader dan local guide yang berpengalaman, ketersediaan
P3K dan asuransi wisata, akomodasi yang nyaman, konsumsi yang sesuai dengan
program, dan fasilitas-fasilitas lain yang akan menunjang kenyamanan konsumen
selama perjalanan.
B.
FASILITAS
YANG DIBERIKAN
Kepuasan,
keselamatan dan kenyamanan konsumen menjadi hal yang diutamakan oleh usaha ini.
Sehingga segala hal yang diperlukan akan dipersiapkan sematang mungkin untuk
menunjang kelancaran acara dan mengurangi resiko yang tidak diinginkan.
Berikut adalah fasilitas tour yang
diberikan oleh FAW Tour and Travel :
·
Bus pariwisata AC + TV
FAW Tour and Travel telah bekerja sama
dengan banyak PO (perusahaan otobus), sehingga memungkinkan perusahaan untuk
melayani konsumen sesuai anggaran yang konsumen miliki. PO yang sering
digunakan antara lain Teguh Muda, Sinar Mas, dan Satria Muda.
·
Tour leader
Tour
leader bertugas sebagai pemandu selama perjalanan dan mengatur jalannya
kegiatan pariwisata. Tour leader ini merupakan karyawan FAW Tour and Travel
yang diharuskan cakap dalam mengkoordinir acara.
·
Local guide
FAW Tour and Travel berharap agar
rekreasi yang dilakukan tidak hanya menjadi sekedar rekreasi, namun ada unsur
edukatif yang dimasukkan dalam perjalanan wisata tersebut. Dalam hal ini,
perusahaan menyediakan fasilitas local guide yang nantinya akan memandu peserta
di obyek-obyek wisata yang memiliki unsur pembelajaran, sebagai contoh di
Benteng Van DeerWijck, Museum Dirgantara, Taman Pintar, dan sebagainya.
·
P3K ringan
Dalam beberapa perjalanan sering terjadi
kecelakaan ringan, seperti peserta tour yang mabuk perjalanan, terkilir,
terjatuh, dan sebagainya. Untuk mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, FAW
Tour and Travel menyediakan fasilitas P3K ringan (plester, betadine, antimo,
minyak kayu putih, obat diare, dsb).
·
Asuransi wisata
Keselamatan konsumen menjadi hal yang
diutamakan oleh perusahaan ini. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak
diinginkan, FAW Tour and Travel telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi,
dalam hal ini dengan Jasa Raharja.
·
Feri penyebrangan
Untuk tour lintas pulau seperti tour ke
Bali, feri merupakan kebutuhan utama dalam lintas penyebrangan. Untuk
memperlancar perjalanan, FAW telah memiliki mitra kerja di beberapa pelabuhan
besar.
·
Akomodasi/penginapan
Untuk tour yang membutuhkan waktu cukup
lama, penginapan menjadi hal yang sangat diperlukan. Demi kenyamanan konsumen,
FAW Tour and Travel telah bekerjasama dengan beberapa hotel atau desa wisata di
beberapa lokasi tour. Selain itu asrama haji juga kerap dijadikan pilihan
tempat penginapan. Karena jenis penginapan yang digunakan disesuaikan dengan
program yang dipilih konsumen.
·
Konsumsi
Jenis konsumsi yang disediakan
tergantung dari program yang dipilih oleh konsumen. Dan frekuensi makan
tergantung dari lamanya tour.
·
Tiket obyek wisata
Dalam menangani kebutuhan tiket obyek
wisata, FAW telah bekerjasama dengan lokasi-lokasi wisata di banyak daerah.
Perusahaan membeli tiket berupa voucher masuk jauh-jauh hari sebelum
pemberangkatan agar memudahkan dalam pengelolaan. Setelah itu, voucher akan
dibagikan kepada peserta sebelum pemberangkatan.
·
Dokumentasi
Pada saat perjalanan, FAW akan
mendokumentasikan perjalanan tersebut dengan menggunakan fasilitas kamera dan
handycam perusahaan. Dan saat tour telah berakhir, perusahaan akan memberikan
soft copy dokumentasi berupa kaset CD kepada konsumen.
·
Free peserta tour
Untuk menarik konsumen, FAW memberikan
promo tertentu. Sebagai contoh jika jumlah peserta lebih dari 75 orang, maka
akan diberikan free peserta sebanyak empat orang per bus.
·
Dan hal-hal lain sesuai kebutuhan
Beberapa
fasilitas lain juga disediakan oleh perusahaan, seperti banner pada bus,
kantong plastik, air mineral dalam botol, dan lain-lain.
C.
PROSES
PELAYANAN JASA
Dalam mendapatkan job/order jasa,
perusahaan tidak selalu mengajukan surat penawaran terlebih dahulu. Sering kali
konsumen yang mendatangi perusahaan, lalu akan dirundingkan bersama tentang
program perjalanan yang akan dilakukan. Setelah didapat program yang sesuai,
perusahaan akan menghubungi mitra kerja guna memenuhi semua fasilitas yang
dibutuhkan selama perjalanan, mulai dari bus, tiket obyek wisata, konsumsi,
akomodasi, dan sebagainya.
Disamping menghubungi mitra kerja, biro
juga akan melakukan konfirmasi kepada konsumen tentang segala hal yang dianggap
penting untuk diketahui konsumen. Setelah ada kesesuaian, diantara perusahaan
dan konsumen akan membuat surat perjanjian. Surat perjanjian ini sangat penting
untuk mengikat kedua belah pihak. Lalu pembayaran akan dilakukan oleh konsumen
secara bertahap. Misalnya, uang muka 25%, kemudian 50%, dan 25% sisanya
dibayarkan dua hari sebelum perjalanan.
Berikut
kami gambarkan alur dari proses pelayanan jasa perjalanan :
Dalam
melakukan hubungan/komunikasi perusahaan menggunakan banyak jalur komunikasi,
misal telefon, e-mail, atau secara langsung diadakan pertemuan antara
pihak-pihak yang berkepentingan.
FAW
Tour and Travel memiliki enam orang karyawan. Masing-masing yaitu :
1. Top
Manajer
Merupakan pimpinan utama yang
mengkoordinir seluruh aktifitas perusahaan. Pimpinan disini adalah pemilik,
yaitu Bapak Fachtur Aziz.
2. Staf
Administrasi dan Akomodasi
Staf ini memiliki tugas melakukan
pencatatan atas semua transaksi dan kegiatan yang dilakukan perusahaan. Selain
itu staf ini memiliki tugas untuk mencari akomodasi untuk setiap perjalanan
konsumen. Ketrampilan utama yang dibutuhkan adalah lancar menggunakan komputer
dan melakukan kegiatan administrasi.
3. Staf
Keuangan
Staf ini memiliki tugas untuk mengatur
keluar masuknya uang kas perusahaan dan mencatat seluruh transaksi yang
berhubungan dengan keuangan. Ketrampilan yang dibutuhkan adalah lancar
menggunakan komputer dan melakukan pembukuan akuntansi.
4. Divisi
Pemasaran
Karyawan ini bertugas untuk melakukan
kegiatan pemasaran dalam rangka menjangkau konsumen sebanyak mungkin. Karyawan
ini diharuskan pandai berkomuniksi dan meyakinkan konsumen tentang keunggulan
biro perjalanan FAW.
5. Divisi
Wisata
Karyawan pada bagian ini bertugas untuk memegang
kendali dan mengkoordinir seluruh kegiatan yang berkaitan dengan wisata. Tenaga
kerja bagian ini haruslah orang yang mengerti banyak tentang kegiatan wisata,
termasuk lokasi-lokasi wisata yang nantinya akan dikunjungi.
6. Divisi
Ziarah
Tidak berbeda jauh dengan karyawan pada
Divisi Wisata, karyawan ini bertugas untuk mengatur perjalanan religi/ziarah.
D.
PEMASARAN
Dari data
perusahaan yang didapat setiap tahunnya, kami melihat bahwa setiap jenis produk
jasa yang usaha ini berikan memiliki target pasar tersendiri. Namun secara umum
target pasar yang dimiliki adalah kelompok pelajar, mahasiswa dan civitas akademika
perguruan tinggi lokal dan nasional, masyarakat profesional, perusahaan lokal
dan nasional, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat umum
Berikut kami
sajikan target pasar FAW Tour and travel berdasarkan produk jasa :
Dari
kurang lebih 2200 sekolah di Wilayah Banyumas mulai dari TK sampai perguruan
tinggi, perusahaan menargetkan 2% dari total sekolah akan menjadi konsumen pada
tahun 2015, yaitu sekitar 44 konsumen dari lingkungan pelajar. Sedangkan target
pasar lain 15 konsumen pertahun.
Dilihat
semakin banyaknya usaha sejenis di wilayah Purwokerto dan sekitarnya, FAW Tour
and Travel menerapkan beberapa strategi untuk mendapatkan perhatian konsumen.
Diantaranya :
·
FAW Tour & Travel melayani sistem
biaya sewa bus per hari atau per jam. Sehingga konsumen bebas menggunakan bus
sesuai kebutuhan.
·
Perusahaan akan memberikan potongan
harga untuk perjalanan wisata diluar hari libur, dalam hal ini selain hari
Sabtu Minggu, hari libur nasional, ataupun hari libur akademik.
·
Pengenaan tarif yang dikenakan bersifat
sosial untuk perjalanan ziarah dan pelayatan.
·
Penerapan tarif murah dilakukan secara
fleksibel sesuai dengan program dan biaya yang sanggup ditanggung konsumen.
·
Meningkatkan fasilitas dan pelayanan
kepada pelanggan seperti keramahan, ketepatan waktu dan keterampilan berbahasa
asing.
·
Memaksimalkan proses pelayanan jasa,
sehingga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat luas terhadap perusahaan FAW
Tour and Travel ini.
·
Pemasaran dilakukan melalui beberapa
media, diantaranya dari mulut ke mulut, brosur, surat penawaran dan internet.
Walaupun
biro jasa ini tergolong sebagai perusahaan kecil, namun cakupan pemasaran yang
dimiliki sudah sampai tingkat lokal Jawa. Biro ini pernah menerima pesanan jasa
perjalanan dari daerah Semarang dan Jombang. Dan saat ini perusahaan tengah
berupaya untuk memperluas pemasaran hingga tingkat nasional.
E. TEMPAT
USAHA
Usaha
ini masih berbasis konvensional atau kegiatan pelayanan secara sederhana. Hal
ini membuat tempat usaha menjadi hal yang masih dikesampingkan oleh perusahaan.
Sementara ini tempat usaha masih berlokasi di rumah pemilik, yaitu di Desa
Kauman Cilongok RT 07 RW 01, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.
Tempat
usaha ini sangat berdekatan dengan tempat-tempat umum, mulai dari TK, SD, SMP,
MTS, SMK, pondok pesantren, dan pengajian. Hal ini menjadi keuntungan
tersendiri bagi usaha jasa ini karena sangat strategis dan mempermudah
mendapatkan konsumen.
Pemilik
berkeinginan untuk membuka kantor pemasaran di tempat yang lebih mudah
ditemukan seperti di pinggir jalan raya, karena tempat usaha yang sekarang
dimiliki walaupun strategis dari segi lingkungan, namun lokasinya masih sedikit
sulit ditemukan karena masuk gang kecil.
BAB III
TARGET
A.
TARGET
PRODUK
Saat ini jangkauan pelayanan tour FAW
Tour and Travel masih wilayah domestik. Selain itu, pelayanan event organizer yang diberikan
perusahaan masih sangat terbatas pada lingkup acara religi. Kedepannya
perusahaan menargetkan untuk melayani perjalanan wisata mancanegara dan
melayani event organizer pada
acara-acara lainnya, seperti ulang tahun perusahaan, resepsi pernikahan, dan
sebagainya.
B.
TARGET
KONSUMEN
Berikut ini kami
perkiraan jumlah konsumen setiap tahunnya untuk masing-masing jasa FAW Tour and
Travel :
Jenis Jasa
|
2014
|
2015
|
2016
|
2017
|
Perjalanan
Wisata
|
20
|
22
|
25
|
29
|
Perjalanan
Religi
|
5
|
8
|
11
|
15
|
Outbond
|
3
|
4
|
5
|
7
|
Kunjungan
Industri
|
7
|
9
|
11
|
14
|
Lain-lain
|
3
|
4
|
5
|
6
|
C.
TARGET
PENDAPATAN
Usaha tour dan travel tidak dapat ditargetkan dalam
periode bulanan. Dikarenakan beberapa jasa tertentu seperti perjalanan wisata
ramai hanya pada saat-saat tertentu. Untuk itu perusahaan menargetkan
pendapatan berupa keuntungan per pelayanan kepada konsumen. Misalkan untuk
setiap perjalanan wisata perusahaan menargetkan keuntungan kurang lebih 6,5%
dari total pendapatan kotor.
BAB IV
RENCANA BIAYA
Berikut ini kami sajikan contoh rencana biaya yang
akan dikeluarkan oleh FAW Tour and Travel dalam satu kali perjalanan wisata.
Dalam hal ini kunjungan yang dilakukan ke Jogja dengan obyek wisata Merapi,
Pantai Parangtritis, Malioboro, dan kunjungan lain selama 2 hari yang diikuti
oleh 204 peserta dari Dharma Wanita Cilongok dan 4 orang crew.
Fasilitas
|
Harga
|
Unit
|
Frek
|
Total
|
Fasilitas Utama
|
||||
Bus
|
Rp
4.000.000
|
4
|
1
|
Rp
16.000.000
|
Driver, Co
Driver
|
Rp
300.000
|
4
|
1
|
Rp
1.200.000
|
Tour
Leader
|
Rp
250.000
|
4
|
1
|
Rp
1.000.000
|
Operasional
|
Rp
500.000
|
4
|
1
|
Rp
2.000.000
|
Tol
|
Rp
-
|
-
|
-
|
Rp
-
|
Perlengkapan
P3K
|
Rp
100.000
|
4
|
1
|
Rp
400.000
|
Dokumentasi
|
Rp
150.000
|
4
|
1
|
Rp
600.000
|
Tiket
Obyek Wisata
|
Rp 50.000
|
208
|
1
|
Rp
10.400.000
|
Konsumsi
|
Rp
15.000
|
208
|
2
|
Rp
6.240.000
|
Akomodasi
|
Rp
-
|
-
|
-
|
Rp -
|
Feri
Penyebrangan
|
Rp
-
|
-
|
-
|
Rp -
|
Asuransi
|
Rp
5.000
|
208
|
1
|
Rp
1.040.000
|
TOTAL BIAYA
|
Rp
38.880.000
|
Total
Peserta
|
170
|
|||
Free
Peserta
|
34
|
|||
Total
Peserta Tour
|
204
|
|||
Biaya per Peserta
|
= Rp
38.880.000 / 170
|
Rp
228.706
|
||
Biaya Komisi
|
Rp
25.000
|
|||
Harga Bersih
|
Rp
253.706
|
|||
Harga Jual per Peserta
|
Rp
270.000
|
|||
Keuntungan per Peserta
|
= Rp
270.000 - Rp 253.706
|
Rp
16.294
|
||
Total Keuntungan per Perjalanan
|
||||
Rp 2.770.000
|
||||
BAB V
JADWAL PELAKSANAAN
Kegiatan
|
Minggu 1
|
Minggu 2
|
Minggu 3 dst.
|
||||||||||||||||||
Riset
1
|
|||||||||||||||||||||
Penyusunan
Makalah
|
|||||||||||||||||||||
Riset
2
|
|||||||||||||||||||||
Penyusunan
Makalah
|
|||||||||||||||||||||
Penyusunan
Powerpoint
|
|||||||||||||||||||||
Presentasi
|
|||||||||||||||||||||
Pembaruan
Blog
|
Nama Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu
|
Keterangan
|
Riset
1
|
26
November 2014
|
10.30
– 12.30
|
Wawancara
awal
|
Penyusunan
Makalah
|
26-28
November 2014
|
Setelah
kuliah
|
Menyusun
outline
|
Riset
2
|
29
November 2014
|
11.30
– 14.00
|
Wawancara
lanjutan
|
Penyusunan
Makalah
|
29-30
November 2014
|
11.15
– 15.30
|
Menyelesaikan
makalah
|
Penyusunan
PPT
|
27
Nov - 1 Desember 2014
|
Setelah
kuliah
|
Menyusun
PPT
|
BAB VI
ORGANISASI PELAKSANA
A.
PERSONIL
|
|||
Leader
|
:
Riyan Latifahul Hasanah
|
||
Tugas
|
:
Mengkoordinir anggota dalam melakukan riset, menyusun makalah, menyusun power point, dan lain-lain
|
||
Co Leader
|
:
Fahrum Nisa Asih
|
||
Tugas
|
:
Membantu leader dalam melaksanakan tugas-tugasnya
|
||
Sekretaris
|
:
Elfiatun Nurul Hidayah
|
||
Tugas
|
:
Mencatat data hasil riset dan wawancara
|
||
Sie.
Komunikasi
|
:
Anis Murniati
|
||
Tugas
|
:
Berkoordinasi dengan narasumber
|
||
Anggota
|
:
1. Fatimah Isnaeni
2. Fanny Fatmawati
|
||
Tugas
|
:
Bersama-sama dengan anggota lain menyusun makalah dan power
point
|
||
B.
PENDAMPING
|
|||
Dosen
|
:
Hidayat Muhammad Nur, S.Kom.
|
||
Tugas
pendamping yang diharapkan
|
:
1. Memberikan arahan dalam melakukan riset dan penyusunan
makalah
2. Memberikan masukan ketika mengalami
kesulitan dalam
pelaksanaan kegiatan
|
||
BAB VII
POTENSI
A.
PELUANG
KOMERSIAL
Kegiatan
ini memberikan peluang secara komersial bagi kami jika kami mampu mempromosikan
dan mendapatkan konsumen yang akan menggunakan jasa FAW Tour and Travel. Selain
itu ketrampilan penguasaan IT yang didapat di kampus dapat menjadi bekal bagi
kami untuk mempromosikan produk jasa FAW melalui media internet.
B.
PELUANG
KERJASAMA
Saat
ini perusahaan tengah merencanakan berdirinya kantor cabang baru di Mojokerto,
Jawa Timur. Sehingga semakin berkembangnya kerjasama perusahaan dengan PO di
wilayah tersebut. Disamping itu, FAW Tour and Travel juga membuka peluang bagi
masyarakat yang berkeinginan untuk menjadi agen perusahaan ini.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Baca juga materi Semester 1 UBSI lainnya:
FAW tour & travel.memng recomended, buat perjalanan Wisata
BalasHapus