Latihan Soal Pertemuan 1-6 Logika dan Algoritma (207) UBSI Semester 1
PERTEMUAN
1
1.
Pengertian
algoritma adalah :
a. Penalaran atau bentuk pemikiran
b. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh
c. Alur untuk menggambarkan bagaimana program berjalan
d. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berpikir valid
e. Menghasilkan output tepat guna dalam waktu yang relative singkat dan penggunaan memori yang relative sedikit
a. Penalaran atau bentuk pemikiran
b. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh
c. Alur untuk menggambarkan bagaimana program berjalan
d. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berpikir valid
e. Menghasilkan output tepat guna dalam waktu yang relative singkat dan penggunaan memori yang relative sedikit
2.
Bentuk
informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti
struktur bahasa pemrograman tertentu adalah pengertian :
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Pseudocode
d. Profilling
e. Debugging
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Pseudocode
d. Profilling
e. Debugging
3.
Kumpulan
instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan suatu
tugas, merupakan pengertian dari
a. Bahasa pemrograman
b. Program
c. flowchart
d. Pseudocode
e. Bahasa Tingkat Tinggi
a. Bahasa pemrograman
b. Program
c. flowchart
d. Pseudocode
e. Bahasa Tingkat Tinggi
4.
Dibawah
ini yang merupakan Kriteria algoritma adalah :
a. Jumlah langkah berhingga, berakhir, ada output dan testing
b. Jumlah langkah berhingga, efektif dan efisien, terstruktur, ada output
c. Terstruktur, debugging, jumlah langkah berhingga, ada model
d. Ada model data, berakhir, semi algoritma, memiliki kriteria terbaik
e. Memiliki kriteria terbaik, jumlah langkah berhingga, ada output
a. Jumlah langkah berhingga, berakhir, ada output dan testing
b. Jumlah langkah berhingga, efektif dan efisien, terstruktur, ada output
c. Terstruktur, debugging, jumlah langkah berhingga, ada model
d. Ada model data, berakhir, semi algoritma, memiliki kriteria terbaik
e. Memiliki kriteria terbaik, jumlah langkah berhingga, ada output
5.
Tahapan dalam menyelesaikan
suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil
e. Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil
e. Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil
PERTEMUAN
2
1.
Diketahui Algoritma sebagai
berikut P = 5; Q = 6; dan R = 7;
P = P + 1; dan Q = P
P = P + 1; dan Q = P
Berapakah Nilai P, Q dan R ?
a. P = 6; Q = 7; R = 7
b. P = 6; Q = 6; R = 7
c. P = 6; Q = 5; R = 7
d. P = 5; Q = 7; R = 8
e. P = 5; Q = 6; R = 7
a. P = 6; Q = 7; R = 7
b. P = 6; Q = 6; R = 7
c. P = 6; Q = 5; R = 7
d. P = 5; Q = 7; R = 8
e. P = 5; Q = 6; R = 7
2.
Diketahui bahwa kantong P
kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 20 Kelereng. Apabila
yang terbawa hanya sebuah kantong dan
dikatakan bukan Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a. 10
b. 20
c. 10 dan 20
d. 10 atau 20
e. 20
dikatakan bukan Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a. 10
b. 20
c. 10 dan 20
d. 10 atau 20
e. 20
3.
Diberikan algoritma a=5; b =
10; jika diberikan instruksi a=b; b=a. Berapa nilai a
dan b sekarang...
a. a = 0, b = 5
b. a = 10, b = 5
c. a = 10, b = 0
d. a=b
e. a=10, b = 10
dan b sekarang...
a. a = 0, b = 5
b. a = 10, b = 5
c. a = 10, b = 0
d. a=b
e. a=10, b = 10
4.
Tipe data yang nilainya
tidak boleh memiliki nilai desimal adalah:
a. Int
a. Int
b. Float
c. Char
d. Bool
d. Bool
e. string
5.
Type data yang hanya
mengenal kondisi True or False pada bahasa pemrograman adalah
a. String
a. String
b. Bool
c. Char
d. Int
d. Int
e. Long int
PERTEMUAN
3
1.
Dalam Pembuatan flowchart
pada aplikasi program perpustakaan, maka untuk peminjaman buku diperlukan data
anggota seperti Nim dan Nama Mahasiswa. Simbol flowchart untuk data Nim dan
Nama Mahasiswa tersebut adalah :
a. Terminal
a. Terminal
b. Input/output
c. Proses
c. Proses
d. Decision
e. Preperation
e. Preperation
2.
Dalam
Pembuatan flowchart pada aplikasi program penjualan barang, untuk menentukan
total bayar adalah jumlah barang * harga. Simbol flowchart yang tepat untuk
menentukan total bayar tersebut adalah :
a. Terminal
a. Terminal
b. Input/output
c. Proses
c. Proses
d. Decision
e. Preperation
e. Preperation
3.
Pada Flowchart berikut, jika a=9, b=10, c=11.
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 109
e. 101
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 109
e. 101
4.
Pada Flowchart berikut, jika a=10, b=9, c=11.
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 119
e. 101
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 119
e. 101
5.
Pada Flowchart berikut, jika
a=11, b=10, c= 9.
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 119
e. 109
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 119
e. 109
PERTEMUAN
4
1.
Pernyataan
if yang berada dalam pernyataan if yang lain disebut
a. if
a. if
b. if ... else
c. If ... Else majemuk
c. If ... Else majemuk
d. Nested if
e. switch case
e. switch case
2.
Struktur
percabangan bersyarat untuk menangani pengambilan
keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif adalah ....
a. If
a. If
b. If ... Else
c. If ... else majemuk
c. If ... else majemuk
d. nested if
e. switch case
e. switch case
3.
Perintah
goto dalam struktur Branching merupakan jenis perintah ...
a. Tak bersyarat
a. Tak bersyarat
b. Bersyarat
c. If ... Else
c. If ... Else
d. Nested if
e. Majemuk
e. Majemuk
4.
Bentuk umum dari IF..Else adalah..
a.
if (kondisi)
perintah 1;
else
(kondisi)
perintah 2;
perintah 1;
else
(kondisi)
perintah 2;
b. if (kondisi)
perintah 1;
else
perintah 2;
perintah 1;
else
perintah 2;
c. if (kondisi)
perintah 1;
else if
(kondisi)
perintah 2;
perintah 1;
else if
(kondisi)
perintah 2;
d. if (kondisi)
perintah 1;
if (kondisi)
perintah 2;
perintah 1;
if (kondisi)
perintah 2;
e. if (kondisi)
perintah 1;
else if
(kondisi)
else
perintah 2;
perintah 1;
else if
(kondisi)
else
perintah 2;
5.
Perintah
LABEL digunakan bersamaan dengan perintah:
a. if
a. if
b. if .. else
c. switch case
d. Goto
d. Goto
e. Nested if
PERTEMUAN
5
1.
Struktur pernyataan yang
BUKAN berupa perulangan (looping) adalah :
a. For
b. Do…While
c. While
d. If
e. For positip
a. For
b. Do…While
c. While
d. If
e. For positip
2.
Suatu proses pengulangan
kembali alur kerja disebut…
a. Branching
b. Looping
c. Rekursif
d. Iteratif
e. searching
a. Branching
b. Looping
c. Rekursif
d. Iteratif
e. searching
3.
Diberikan penggalan
algoritma :
while (x>7)
x- - ;
cout<<x ;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
x- - ;
cout<<x ;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
b. 9, 8
c. 9
d. 8, 7
e. 8
e. 8
4.
Diberikan penggalan
algoritma :
do
cout<<x ; x--
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7,6
cout<<x ; x--
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7,6
b. 9, 8,7
c. 9,8
d. 8, 7
e. 7
5.
Diberikan penggalan
algoritma :
do
x- - ; cout<<x ;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
x- - ; cout<<x ;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
b. 9, 8
c. 8
d. 8, 7
e. 9
PERTEMUAN 6
1.
Konsep Menara Hanoi merupakan
salah satu dari contoh proses :
a. Iteratif
a. Iteratif
b. Transitif
c. Rekursif
c. Rekursif
d. Branching
e. Sorting
e. Sorting
2.
Suatu Proses yang memanggil
dirinya sendiri , disebut proses :
a. Iteratif
a. Iteratif
b. Transitif
c. Rekursif
c. Rekursif
d. Branching
e. Searching
e. Searching
3.
Rekursif
adalah :
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping
e. Suatu proses Searching
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping
e. Suatu proses Searching
4.
Pada
Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya
adalah :
a. 2n +1
a. 2n +1
b. 2n -1
c. 2n+1
c. 2n+1
d. 2n-1
e. 2n
e. 2n
5.
Untuk
menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 6 buah ,
maka diperlukan pemindahan sebanyak :
a. 19 kali
b. 63 kali
c. 31 kali
a. 19 kali
b. 63 kali
c. 31 kali
d. 32 kali
e. 33 kali
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Baca juga materi Semester 1 UBSI lainnya:
Kurikulum September 2019 :
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Logika dan Algoritma UBSI Semester 1
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Entrepreneurship UBSI Semester 1
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Entrepreneurship UBSI Semester 1
Ga ada kunci jawabannya ?
BalasHapusSilakan dijawab sendiri sambil belajar ya. Semangat! :)
HapusBujug
BalasHapuslol
BalasHapus