Latihan Soal Pertemuan 1-6 Logika dan Algoritma (207) UBSI Semester 1


PERTEMUAN 1

1.            Pengertian algoritma adalah :
a. Penalaran atau bentuk pemikiran
b. Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh
c. Alur untuk menggambarkan bagaimana program berjalan
d. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berpikir valid
e. Menghasilkan output tepat guna dalam waktu yang relative singkat dan penggunaan memori yang relative sedikit


2.            Bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu adalah pengertian :
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Pseudocode
d. Profilling
e. Debugging

3.            Kumpulan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan suatu tugas, merupakan pengertian dari
a. Bahasa pemrograman
b. Program
c. flowchart
d. Pseudocode
e. Bahasa Tingkat Tinggi

4.            Dibawah ini yang merupakan Kriteria algoritma adalah :
a. Jumlah langkah berhingga, berakhir, ada output dan testing
b. Jumlah langkah berhingga, efektif dan efisien, terstruktur, ada output
c. Terstruktur, debugging, jumlah langkah berhingga, ada model
d. Ada model data, berakhir, semi algoritma, memiliki kriteria terbaik
e. Memiliki kriteria terbaik, jumlah langkah berhingga, ada output

5.            Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil
e. Algoritma – Program – Model – Eksekusi – Hasil

PERTEMUAN 2

1.              Diketahui Algoritma sebagai berikut P = 5; Q = 6; dan R = 7;
P = P + 1; dan Q = P
Berapakah Nilai P, Q dan R ?
a. P = 6; Q = 7; R = 7
b. P = 6; Q = 6; R = 7
c. P = 6; Q = 5; R = 7
d. P = 5; Q = 7; R = 8
e. P = 5; Q = 6; R = 7

2.              Diketahui bahwa kantong P kosong, kantong Q berisi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 20 Kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan
dikatakan bukan Kantong P yang terbawa, maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a. 10
b. 20
c. 10 dan 20
d. 10 atau 20
e. 20

3.              Diberikan algoritma a=5; b = 10; jika diberikan instruksi a=b; b=a. Berapa nilai a
dan b sekarang...
a. a = 0, b = 5
b. a = 10, b = 5
c. a = 10, b = 0
d. a=b
e. a=10, b = 10

4.              Tipe data yang nilainya tidak boleh memiliki nilai desimal adalah:
a. Int
b. Float
c. Char
d. Bool
e. string

5.              Type data yang hanya mengenal kondisi True or False pada bahasa pemrograman adalah
a. String
b. Bool
c. Char
d. Int
e. Long int

PERTEMUAN 3

1.          Dalam Pembuatan flowchart pada aplikasi program perpustakaan, maka untuk peminjaman buku diperlukan data anggota seperti Nim dan Nama Mahasiswa. Simbol flowchart untuk data Nim dan Nama Mahasiswa tersebut adalah :
a. Terminal
b. Input/output
c. Proses
d. Decision
e. Preperation

2.          Dalam Pembuatan flowchart pada aplikasi program penjualan barang, untuk menentukan total bayar adalah jumlah barang * harga. Simbol flowchart yang tepat untuk menentukan total bayar tersebut adalah :
a. Terminal
b. Input/output
c. Proses
d. Decision
e. Preperation


3.          Pada Flowchart berikut, jika a=9, b=10, c=11.
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 109
e. 101

4.          Pada Flowchart berikut, jika a=10, b=9, c=11.
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 119
e. 101

5.          Pada Flowchart berikut, jika a=11, b=10, c= 9.
Berapakah nilai d ?
a. 111
b. 90
c. 89
d. 119
e. 109

PERTEMUAN 4

1.            Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain disebut
a. if
b. if ... else
c. If ... Else majemuk
d. Nested if
e. switch case

2.            Struktur percabangan bersyarat untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif adalah ....
a. If
b. If ... Else
c. If ... else majemuk
d. nested if
e. switch case

3.            Perintah goto dalam struktur Branching merupakan jenis perintah ...
a. Tak bersyarat
b. Bersyarat
c. If ... Else
d. Nested if
e. Majemuk

4.            Bentuk umum dari IF..Else adalah..
a.       if (kondisi)
perintah 1;
else
(kondisi)
perintah 2;
b.      if (kondisi)
perintah 1;
else
perintah 2;
c.       if (kondisi)
perintah 1;
else if
(kondisi)
perintah 2;
d.      if (kondisi)
perintah 1;
if (kondisi)
perintah 2;
e.       if (kondisi)
perintah 1;
else if
(kondisi)
else
perintah 2;


5.            Perintah LABEL digunakan bersamaan dengan perintah:
a. if
b. if .. else
c. switch case
d. Goto
e. Nested if

PERTEMUAN 5

1.          Struktur pernyataan yang BUKAN berupa perulangan (looping) adalah :
a. For
b. Do…While
c. While
d. If
e. For positip

2.          Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
a. Branching
b. Looping
c. Rekursif
d. Iteratif
e. searching

3.          Diberikan penggalan algoritma :
while (x>7)
x- - ;
cout<<x ;
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
b. 9, 8
c. 9
d. 8, 7
e. 8

4.          Diberikan penggalan algoritma :
do
cout<<
x ; x--
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7,6
b. 9, 8,7
c. 9,8
d. 8, 7
e. 7

5.          Diberikan penggalan algoritma :
do
x- - ; cout<<x ;
while (x>7)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang ditampilkan berturut-turut adalah
a. 9, 8, 7
b. 9, 8
c. 8
d. 8, 7
e. 9

PERTEMUAN 6
1.            Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari contoh proses :
a. Iteratif
b. Transitif
c. Rekursif
d. Branching
e. Sorting

2.            Suatu Proses yang memanggil dirinya sendiri , disebut proses :
a. Iteratif
b. Transitif
c. Rekursif
d. Branching
e. Searching

3.            Rekursif adalah :
a. Suatu prosedur yang dapat dipanggil
b. Suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri
c. Suatu proses yang dipanggil melalui suatu prosedur
d. Suatu prosedur Looping
e. Suatu proses Searching

4.            Pada Menara Hanoi banyaknya pemindahan untuk N buah piringan ke menara tujuannya adalah :
a. 2n +1
b. 2n -1
c. 2n+1
d. 2n-1
e. 2n

5.            Untuk menyelesaikan masalah menara Hanoi dengan banyaknya piringan ialah 6 buah , maka diperlukan pemindahan sebanyak :
a. 19 kali
b. 63 kali
c. 31 kali
d. 32 kali
e. 33 kali

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Baca juga materi Semester 1 UBSI lainnya:


Kurikulum September 2019 :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya