Latihan Soal Pemodelan Sistem Berbasis Objek (PSBO) BSI Pertemuan 1-6



1. SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
          a. 1950
          b. 1960
          c. 1970
          d. 1980
          e. 1990

2. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah: ...
a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi
b. Konsep pemodelan
c. Karakteristik objek
d. Abstraksi
e. Konsep mengidentifikasi model


3. Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah ...
a. Analisa
b. Objek
c. Bahasa pemograman
d. Desain
e. Implementasi

4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat
Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, yaitu : ...
a. mobil
b. melaju
c. cepat
d. merah
e. berwarna

5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupaka karakteristik metodologi :
         a. pewarisan
b. polymorphisme
c. pengkapsulan
d. abstraksi
e. implementasi

6. Tehnik pemodelan object terdiri dari..
a. model dinamik, model class, model objek
b. model fungsional, model class dan objek
c. model class, dinamik dan fungsional
d. model statis, dinamik dan class
e. model objek, dinamik dan fungsional

7. Konsep Object Oriented adalah
a. sharing, message, inheritance
b. encapsulation, sinergi, message
c. inheritance, encapsulation, polimorfisme
d. polimorfisme, sinergi, sharing
e. sharing, sinergi, message

8. Model yang berisikan data flow diagram adalah
a. model statis
b. model fungsional
c. model objek
d. model dinamis
e. model kelas

9. Tema-tema Object Oriented adalah, kecuali :
a. abstraksi
b. menggabungkan data dengan prilaku
c. sharing
d. class
e. pengkapsulan

10. Model yang menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya adalah
a.model objek
b.         model class
c.model dinamik
d.        model fungsional
e.tidak ada yang benar

11.        Konsep abstraksi atau benda yang memilki identitas dinamakan dengan
a.       class
b.      UML
c.       use case
d.      diagram
e.       objek

12. Unified Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun…
          a. 1994
          b. 1995
          c. 1996
          d. 1997
          e. 1998

13. Elemen utama UML adalah
a. benda, relation, objek
b. use case, objek, benda
c. diagram, bagan, objek
d. hubungan, objek, diagram
e. benda, hubungan, diagram

14. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali..
a. classes
b. nodes
c. interfaces
d. deployment
e. usecases

15. Pedoman pemodelan Object Oriented adalah, kecuali..
a.           menentukan deployment
b.          menentukan atribut
c.          menentukan subjek
d.          menentukan message
e.           menentukan metoda

16. Tiga diagram baru yang ada pada UML 2.0 adalah
a.         Composite Diagram, Class Diagram, Timing Diagram
b.         Class Diagram, Interaction Diagram, Composite Diagram
c.         Composite Diagram, Interaction Diagram, Timing Diagram
d.        Timing Diagram, Use case Diagram, Class Diagram
e.         Sequence Diagram, Class Diagram,

17. Untuk menggambarkan interaksi anatar objek dimana penekanan pada jalur menggunakan diagram
          a. communication
b. specification
c. class
d. activity
e. state machine

18. Mekanisme pembayaran model menggunakan, kecuali
          a. specification
b. adornments
c. common division
d. extensibility
e. accessibility

19. Diagram yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah
a. communication
b. specification
c. class
d. activity
e. state machine

20. Dibawah ini adalah diagram-diagram yang termasuk kedalam behavior diagram adalah, kecuali
a. activity diagram
b. class diagram
c. interaction diagram
d. use case diagram
e. state machine diagram

21. Teknik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis
          a. activity diagram
b. class diagram
c. sequence diagram
d. use case diagram
e. state machine diagram

22. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan..
a. proses
b. objek bisnis
c. proses bisnis
d. aktifitas
e. aktifitas proses bisnis

23. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram
a. join
b. end
c. fork
d. decision
e. start

24. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram
a. join
b. end
c. fork
d. decision
e. start

25. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram
a. join
b. end
c. fork
d. decision
e. star

26. Use case dinotasikan dengan gambarkan  :
a. horizontal elips
b. bujur sangkar
c. lingkaran
d. persegi
e. vertikal elips

27. Use case biasanya menggunakan kata  :
a. kata benda
b. kata perintah
c. kata kerja
d. kata petunjuk
e. kata sifat

28. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan
a. use case
b. relation
c. assosiation
d. package
e. actor

29. Actor biasanya menggunakan kata  :
a. kata benda
b. kata perintah
c. kata kerja
d. kata petunjuk
e. kata sifat

30. Jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram adalah, kecuali
a. Association antara actor dan use case
b. Association antara use case
c. Generalization antara actor dan use case
d. Generalization/Inheritance antara use case
e. Generalization/Inheritance antara actor


= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Baca juga materi Semester 3 UBSI lainnya:

Komentar

  1. Kok beberapa ada yang gk ada di slide ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan karna perbedaan kurikulum. Latian soal ini dari materi kurikulum 2015 :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya