Latihan Soal Pertemuan 1-6 Pemodelan Sistem Berorientasi Objek PSBO (916) UBSI Semester 3
PERTEMUAN
1
1.
Class
adalah...
a. Blueprint
b. Object
c. Use Case
d. SDLC
e. Artefak
a. Blueprint
b. Object
c. Use Case
d. SDLC
e. Artefak
2.
Bentuk
nyata dari class adalah...
a. Diagram
b. Object
c. Class
d. Planning
e. Analysis
a. Diagram
b. Object
c. Class
d. Planning
e. Analysis
3.
UML versi 2.4
memiliki ... diagram.
a. 10
b. 11
c. 12
d. 13
e. 14
a. 10
b. 11
c. 12
d. 13
e. 14
4.
UML
versi 2.4 dibagi ke dalam 2 grup utama:
a. Structure Diagram dan Behavior Diagram
b. Use Case Diagram dan Class Diagram
c. Behavior Diagram dan Sequence Diagram
d. State Diagram dan Activity Diagram
e. Structure Diagram dan Sequence Diagram
a. Structure Diagram dan Behavior Diagram
b. Use Case Diagram dan Class Diagram
c. Behavior Diagram dan Sequence Diagram
d. State Diagram dan Activity Diagram
e. Structure Diagram dan Sequence Diagram
5.
Menunjukkan bagaimana suatu
objek berubah seiring waktu adalah definisi dari ...
a. Use Case Diagram
b. Timing Diagram
c. Class Diagram
d. Sequence Diagram
e. Activity Diagram
a. Use Case Diagram
b. Timing Diagram
c. Class Diagram
d. Sequence Diagram
e. Activity Diagram
6.
Dalam SDLC dan Artefak, pada
tahap planning terdiri dari:
a. System Request dan Feasibility Analysis
b. Program Code dan Testing Plan
c. Use Case Diagram dan Activity Diagram
d. Testing Plan dan Documentation
e. Program Code dan Documentation
a. System Request dan Feasibility Analysis
b. Program Code dan Testing Plan
c. Use Case Diagram dan Activity Diagram
d. Testing Plan dan Documentation
e. Program Code dan Documentation
7.
Jika Modelnya Data-Oriented,
maka diagramnya adalah:
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS
8.
Jika Modelnya
Process-Oriented, maka diagramnya adalah:
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS
9.
Jika Modelnya
Object-Oriented, maka diagramnya adalah:
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS
10. Attribute à Variabel
(member). Nilai datanya bisa ditentukan di...
a. Object
b. Class
c. Method
d. Fungsi
e. Extends
a. Object
b. Class
c. Method
d. Fungsi
e. Extends
PERTEMUAN
2
1.
Use case adalah
sebuah teknik untuk menangkap ...
a. Kebutuhan skenario sistem
b. Kebutuhan fungisonal sistem
c. Interaksi antar sistem
d. Boundary Sistem
e. Kebutuhan actor
a. Kebutuhan skenario sistem
b. Kebutuhan fungisonal sistem
c. Interaksi antar sistem
d. Boundary Sistem
e. Kebutuhan actor
2.
....
biasanya mewakili interaksi diskrit antara aktor utama dan sistem.
a. Sea-level use case
b. Fish-level use case
c. Kite-level use case
d. Sistem-level use case
e. Actor-level use case
a. Sea-level use case
b. Fish-level use case
c. Kite-level use case
d. Sistem-level use case
e. Actor-level use case
3.
Tanda panah
mengarah dari use case tambahan ke base use case (pusat) adalah ciri dari ...
a. Actor
b. Use case
c. Generalization Relationship
d. Extend Relationship
e. Include Relationship
a. Actor
b. Use case
c. Generalization Relationship
d. Extend Relationship
e. Include Relationship
4.
Mewakili
use case khusus untuk use case yang lebih umum adalah ciri dari ...
a. Actor
b. Use case
c. Generalization Relationship
d. Extend Relationship
e. Include Relationship
a. Actor
b. Use case
c. Generalization Relationship
d. Extend Relationship
e. Include Relationship
5.
Elemen use case yang
menghubungkan actor dengan use case adalah ...
a. Association Relationship
b. Generalization Relationship
c. Extend Relationship
d. Include Relationship
e. System Relationship
a. Association Relationship
b. Generalization Relationship
c. Extend Relationship
d. Include Relationship
e. System Relationship
6.
Mewakili ruang lingkup
sistem yang berisi nama sistem yaitu:
a. Relasi
b. System Boundary
c. Aktor
d. Asosiasi
e. Use Case
a. Relasi
b. System Boundary
c. Aktor
d. Asosiasi
e. Use Case
7.
Use case level ini ada
karena di include oleh usecase sea-level merupakan definisi dari...
a. Fish Level
b. Kite Level
c. Sea Level
d. Zero Level
e. Second Level
a. Fish Level
b. Kite Level
c. Sea Level
d. Zero Level
e. Second Level
8.
Apakah yang digambarkan
dalam sebuah use case diagram?
a. Kegiatan utama dan hubungan di antaranya
b. Proses dalam sebuah proses bisnis
c. Interaksi antara pengguna dengan sistem
d. Kelas dan hubungannya
e. Perilaku dan keadaan
a. Kegiatan utama dan hubungan di antaranya
b. Proses dalam sebuah proses bisnis
c. Interaksi antara pengguna dengan sistem
d. Kelas dan hubungannya
e. Perilaku dan keadaan
9.
Sebuah elemen yang merupakan
bagian utama fungsionalitas sistem yang ditempatkan di dalam batasan sistem
disebut dengan?
a. Extend Relationship
b. Actor
c. Include
d. Use Case
e. Asosiasi
a. Extend Relationship
b. Actor
c. Include
d. Use Case
e. Asosiasi
10. Use case digunakan untuk?
a. Mencari informasi
b. Membuat laporan untuk pemilik
c. Menggambarkan keadaan suatu obyek
d. Menunjukkan relasi yang dimiliki kelas lain
e. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan persyaratan kepada
pemrogram
a. Mencari informasi
b. Membuat laporan untuk pemilik
c. Menggambarkan keadaan suatu obyek
d. Menunjukkan relasi yang dimiliki kelas lain
e. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan persyaratan kepada
pemrogram
PERTEMUAN
3
1.
Diagram
yang digunakan untuk memodelkan proses dalam suatu sistem informasi, disebut?
a. Use Case Diagram
b. Activity Diagram
c. Class Diagram
d. Sequence Diagram
e. Package Diagram
a. Use Case Diagram
b. Activity Diagram
c. Class Diagram
d. Sequence Diagram
e. Package Diagram
2.
Elemen
activity diagram yang dilabeli dengan nama classnya adalah…
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Fork Node
e. Join Node
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Fork Node
e. Join Node
3.
Elemen activity diagram yang
digunakan untuk menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas (atau tindakan)
yang paralel atau bersamaan adalah …
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Fork Node
e. Join Node
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Fork Node
e. Join Node
4.
Elemen activity diagram yang
digunakan untuk menyatukan kembali berbagai jalur keputusan yang dibuat
menggunakan simpul keputusan adalah …
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Merge Node
e. Join Node
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Merge Node
e. Join Node
5.
Elemen activity diagram yang
dilabeli dengan nama individu atau objek yang bertanggung jawab adalah …
a. Object Node
b. Swimlane
c. Activity
d. Merge Node
e. Join Node
a. Object Node
b. Swimlane
c. Activity
d. Merge Node
e. Join Node
6.
Bila diketahui proses bisnis
sebagai berikut: Calon siswa melakukan pendaftaran di kantor cabang Kursus X
dengan mengisi formulir pendaftaran. Calon siswa akan diminta untuk membayar
biaya pendaftaran Rp. 100.000, maka yang menjadi activity adalah?
a. Rp. 100.000
b. Mengisi Formulir
c. Calon Siswa
d. Biaya
e. Kantor Cabang
a. Rp. 100.000
b. Mengisi Formulir
c. Calon Siswa
d. Biaya
e. Kantor Cabang
7.
Digunakan untuk memecah
diagram aktivitas menjadi baris dan kolom untuk menetapkan kegiatan individu
atau objek yang bertanggung jawab untuk melaksanakan aktivitas merupakan
pengertian dari?
a. Activity
b. Swimlane
c. Swim dan Activity
d. Actor
e. Use case diagram
a. Activity
b. Swimlane
c. Swim dan Activity
d. Actor
e. Use case diagram
8.
Symbol yang digunakan untuk
mewakili sekumpulan tindakan (action) adalah?
a. Action
b. Activity
c. Fork
d. Join
e. Use case
a. Action
b. Activity
c. Fork
d. Join
e. Use case
9.
Join node digunakan untuk:
a. Menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas yang paralel
b. Membagi perilaku aktivitas yang paralel
c. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
d. Mewakili kondisi pengujian
e. Interkoneksi
a. Menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas yang paralel
b. Membagi perilaku aktivitas yang paralel
c. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
d. Mewakili kondisi pengujian
e. Interkoneksi
10. Decision node digunakan untuk :
a. Interkoneksi
b. Mewakili kondisi pengujian untuk memastikan aliran control hanya turun satu jalur
c. Membagi perilaku aktivitas yang parallel
d. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
e. Menghentikan aliran kontrol
a. Interkoneksi
b. Mewakili kondisi pengujian untuk memastikan aliran control hanya turun satu jalur
c. Membagi perilaku aktivitas yang parallel
d. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
e. Menghentikan aliran kontrol
PERTEMUAN
4
1.
Elemen class diagram yang
mewakili orang, tempat, atau hal-hal yang dibutuhkan sistem untuk menangkap dan
menyimpan informasi adalah …
a. Class
b. Composition
c. Aggregation
d. Generalization
e. Association
a. Class
b. Composition
c. Aggregation
d. Generalization
e. Association
2.
Elemen class diagram yang
mewakili tindakan atau fungsi yang dapat dilakukan oleh kelas adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Association
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Association
3. Elemen class diagram yang mewakili hubungan antara beberapa kelas
atau kelas dan dirinya sendiri adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Association
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Association
4. Elemen class diagram yang merupakan properti yang menggambarkan keadaan
suatu objek adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Aggregation
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Aggregation
5. Elemen class diagram yang memiliki daftar atribut di kotak
tengahnya adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Aggregation
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Aggregation
6. Yang mendokumentasikan bagaimana class bisa diasosiasikan dengan
class lainnya:
a. Multiplicity
b. Asosiasi
c. Relasi
d. Attribute
e. Entity
a. Multiplicity
b. Asosiasi
c. Relasi
d. Attribute
e. Entity
7. Merupakan hubungan sebagian (a part of) yang logis diantara
beberapa kelas atau suatu kelas dengan kelas itu sendiri yaitu:
a. Aggregation
b. Asosiasi
c. Composition
d. Class
e. Multiplicity
a. Aggregation
b. Asosiasi
c. Composition
d. Class
e. Multiplicity
8. Mewakili hubungan fisik antara beberapa kelas atau kelas dan kelas
itu sendiri
a. Composition
b. Aggregation
c. Asosiasi
d. Class
e. Multiplicity
a. Composition
b. Aggregation
c. Asosiasi
d. Class
e. Multiplicity
9. Kelas kamar adalah bagian dari kelas bangunan. Hal ini
merupakan...
a. Generalization
b. Assosiation
c. Agregation
d. Composition
e. Multiplicity
a. Generalization
b. Assosiation
c. Agregation
d. Composition
e. Multiplicity
10. Mengambil angka maksimal dari tiap multiplicity dalam diagram
kelas adalah cara untuk menentukan...
a. Kardinalitas
b. Asosiasi
c. Agregasi
d. Objek
e. Atribut
a. Kardinalitas
b. Asosiasi
c. Agregasi
d. Objek
e. Atribut
PERTEMUAN
5
1.
Diagram yang menunjukkan
pesan yang lewat di antara objek untuk use case tertentu dari waktu ke waktu
adalah …
a. Sequence Diagram
b. Timing Diagram
c. Use Case Diagram
d. Class Diagram
e. Activity Diagram
a. Sequence Diagram
b. Timing Diagram
c. Use Case Diagram
d. Class Diagram
e. Activity Diagram
2.
Elemen yang menunjukkan
konteks sequence diagram adalah …
a. Object Distruction
b. Lifeline
c. Frame
d. Actor
e. Guard Condition
a. Object Distruction
b. Lifeline
c. Frame
d. Actor
e. Guard Condition
3. Elemen sequence diagram yang menyampaikan informasi dari satu
objek ke objek lainnya adalah …
a. Actor
b. Lifeline
c. Frame
d. Message
e. Object
a. Actor
b. Lifeline
c. Frame
d. Message
e. Object
4. Elemen sequence diagram yang merupakan tes yang harus dipenuhi
untuk pesan yang akan dikirim adalah …
a. Object Distruction
b. Lifeline
c. Frame
d. Actor
e. Guard Condition
a. Object Distruction
b. Lifeline
c. Frame
d. Actor
e. Guard Condition
5. Elemen yang menunjukkan kapan suatu objek mengirim atau menerima pesan
adalah …
a. Object Distruction
b. Message
c. Frame
d. Guard Condition
e. Execution Occurrence
a. Object Distruction
b. Message
c. Frame
d. Guard Condition
e. Execution Occurrence
6. Sequence diagram mengilustrasikan objek-objek yang berpartisipasi
di dalam suatu?
a. Use Case
b. Activity Diagram
c. Class Diagram
d. Flowchart Diagram
e. Data Flow Diagram
a. Use Case
b. Activity Diagram
c. Class Diagram
d. Flowchart Diagram
e. Data Flow Diagram
7. Sequence diagram menunjukkan?
a. Pesan yang lewat di antara objek
b. Pesan yang lewat di antara Class
c. Pesan yang lewat di antara sistem
d. Pesan yang lewat di antara method
e. Pesan yang lewat di antara atribut
a. Pesan yang lewat di antara objek
b. Pesan yang lewat di antara Class
c. Pesan yang lewat di antara sistem
d. Pesan yang lewat di antara method
e. Pesan yang lewat di antara atribut
8. Boundary Class dalam sequence diagram menggambarkan?
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour
9. Control Class dalam sequence diagram menggambarkan ?
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour
10. Entity Class dalam sequence diagram menggambarkan ?
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour
PERTEMUAN
6
1.
Dalam membuat diagram use
case, terdapat 3 level, diantaranya …
a. Sea Level – Fish Level – Kite Level
b. Sea Level – Actor Level – Class Level
c. Fish Level – Activity Level – Class Level
d. Class Level – Fish Level – Kite Level
e. Activity Level – Class Level – Fish Level
a. Sea Level – Fish Level – Kite Level
b. Sea Level – Actor Level – Class Level
c. Fish Level – Activity Level – Class Level
d. Class Level – Fish Level – Kite Level
e. Activity Level – Class Level – Fish Level
2.
Setiap use case dapat
membuat ... diagram aktivitas.
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
e. Lima
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
e. Lima
3. Elemen activity diagram yang digunakan untuk mewakili kondisi
pengujian untuk memastikan bahwa aliran kontrol atau aliran objek hanya turun
satu jalur, adalah ...
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Final-Flow Node
e. Final-Activity Node
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Final-Flow Node
e. Final-Activity Node
4. Elemen activity diagram yang digunakan untuk membagi perilaku
menjadi seperangkat aktivitas yang paralel atau bersamaan dari aktivitas (atau tindakan),
adalah ...
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Final-Flow Node
e. Final-Activity Node
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Final-Flow Node
e. Final-Activity Node
5. Elemen activity diagram yang menunjukkan aliran suatu objek dari
satu aktivitas (atau tindakan) ke aktivitas (atau tindakan) lain, adalah ...
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Control Flow
e. Object Flow
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Control Flow
e. Object Flow
6. Use case digunakan untuk?
a. Mencari informasi
b. Membuat laporan untuk pemilik
c. Menggambarkan keadaan suatu obyek
d. Menunjukkan relasi yang dimiliki kelas lain
e. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan persyaratan kepada pemrogram
a. Mencari informasi
b. Membuat laporan untuk pemilik
c. Menggambarkan keadaan suatu obyek
d. Menunjukkan relasi yang dimiliki kelas lain
e. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan persyaratan kepada pemrogram
7. Sebuah elemen yang merupakan bagian utama fungsionalitas sistem yang
ditempatkan di dalam batasan sistem disebut dengan?
a. Extend Relationship
b. Actor
c. Include
d. Use Case
e. Asosiasi
a. Extend Relationship
b. Actor
c. Include
d. Use Case
e. Asosiasi
8. Apakah yang digambarkan dalam sebuah use case diagram?
a. Kegiatan utama dan hubungan di antaranya
b. Proses dalam sebuah proses bisnis
c. Interaksi antara pengguna dengan sistem
d. Kelas dan hubungannya
e. Perilaku dan keadaan
a. Kegiatan utama dan hubungan di antaranya
b. Proses dalam sebuah proses bisnis
c. Interaksi antara pengguna dengan sistem
d. Kelas dan hubungannya
e. Perilaku dan keadaan
9. Join node digunakan untuk:
a. Menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas yang paralel
b. Membagi perilaku aktivitas yang paralel
c. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
d. Mewakili kondisi pengujian
e. Interkoneksi
a. Menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas yang paralel
b. Membagi perilaku aktivitas yang paralel
c. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
d. Mewakili kondisi pengujian
e. Interkoneksi
10. Decision node digunakan untuk :
a. Interkoneksi
b. Mewakili kondisi pengujian untuk memastikan aliran control hanya turun satu jalur
c. Membagi perilaku aktivitas yang parallel
d. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
e. Menghentikan aliran kontrol
a. Interkoneksi
b. Mewakili kondisi pengujian untuk memastikan aliran control hanya turun satu jalur
c. Membagi perilaku aktivitas yang parallel
d. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
e. Menghentikan aliran kontrol
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Baca juga materi Semester 3 UBSI lainnya:
Kurikulum September 2019:
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Sistem Operasi (328) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Pemodelan Sistem Berorientasi Objek PSBO (916) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Akuntansi Dasar dan Praktik (851) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Sistem Informasi Manajemen (240) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Statistika (700) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Akuntansi Dasar dan Praktik (851) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Sistem Informasi Manajemen (240) UBSI Semester 3
- Latihan Soal Pertemuan 1-6 Statistika (700) UBSI Semester 3
jawabannya mana kak, saya butuh kwlakwakwa
BalasHapus