Latihan Soal Pertemuan 1-6 Pemodelan Sistem Berorientasi Objek PSBO (916) UBSI Semester 3



PERTEMUAN 1

1.         Class adalah...
a. Blueprint
b. Object
c. Use Case
d. SDLC
e. Artefak


2.         Bentuk nyata dari class adalah...
a. Diagram
b. Object
c. Class
d. Planning
e. Analysis

3.         UML versi 2.4 memiliki ... diagram.
a. 10
b. 11
c. 12
d. 13
e. 14

4.         UML versi 2.4 dibagi ke dalam 2 grup utama:
a. Structure Diagram dan Behavior Diagram
b. Use Case Diagram dan Class Diagram
c. Behavior Diagram dan Sequence Diagram
d. State Diagram dan Activity Diagram
e. Structure Diagram dan Sequence Diagram

5.         Menunjukkan bagaimana suatu objek berubah seiring waktu adalah definisi dari ...
a. Use Case Diagram
b. Timing Diagram
c. Class Diagram
d. Sequence Diagram
e. Activity Diagram

6.         Dalam SDLC dan Artefak, pada tahap planning terdiri dari:
a. System Request dan Feasibility Analysis
b. Program Code dan Testing Plan
c. Use Case Diagram dan Activity Diagram
d. Testing Plan dan Documentation
e. Program Code dan Documentation

7.         Jika Modelnya Data-Oriented, maka diagramnya adalah:
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS

8.         Jika Modelnya Process-Oriented, maka diagramnya adalah:
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS

9.         Jika Modelnya Object-Oriented, maka diagramnya adalah:
a. UML
b. Data Flow Diagram
c. Flowchart
d. ERD
e. LRS

10.     Attribute à Variabel (member). Nilai datanya bisa ditentukan di...
a. Object
b. Class
c. Method
d. Fungsi
e. Extends

PERTEMUAN 2

1.         Use case adalah sebuah teknik untuk menangkap ...
a. Kebutuhan skenario sistem
b. Kebutuhan fungisonal sistem
c. Interaksi antar sistem
d. Boundary Sistem
e. Kebutuhan actor

2.         .... biasanya mewakili interaksi diskrit antara aktor utama dan sistem.
a. Sea-level use case
b. Fish-level use case
c. Kite-level use case
d. Sistem-level use case
e. Actor-level use case

3.         Tanda panah mengarah dari use case tambahan ke base use case (pusat) adalah ciri dari ...
a. Actor
b. Use case
c. Generalization Relationship
d. Extend Relationship
e. Include Relationship

4.         Mewakili use case khusus untuk use case yang lebih umum adalah ciri dari ...
a. Actor
b. Use case
c. Generalization Relationship
d. Extend Relationship
e. Include Relationship

5.         Elemen use case yang menghubungkan actor dengan use case adalah ...
a. Association Relationship
b. Generalization Relationship
c. Extend Relationship
d. Include Relationship
e. System Relationship

6.         Mewakili ruang lingkup sistem yang berisi nama sistem yaitu:
a. Relasi
b. System Boundary
c. Aktor
d. Asosiasi
e. Use Case

7.         Use case level ini ada karena di include oleh usecase sea-level merupakan definisi dari...
a. Fish Level
b. Kite Level
c. Sea Level
d. Zero Level
e. Second Level

8.         Apakah yang digambarkan dalam sebuah use case diagram?
a. Kegiatan utama dan hubungan di antaranya
b. Proses dalam sebuah proses bisnis
c. Interaksi antara pengguna dengan sistem
d. Kelas dan hubungannya
e. Perilaku dan keadaan

9.         Sebuah elemen yang merupakan bagian utama fungsionalitas sistem yang ditempatkan di dalam batasan sistem disebut dengan?
a. Extend Relationship
b. Actor
c. Include
d. Use Case
e. Asosiasi

10.     Use case digunakan untuk?
a. Mencari informasi
b. Membuat laporan untuk pemilik
c. Menggambarkan keadaan suatu obyek
d. Menunjukkan relasi yang dimiliki kelas lain
e. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan persyaratan kepada
pemrogram

PERTEMUAN 3

1.         Diagram yang digunakan untuk memodelkan proses dalam suatu sistem informasi, disebut?
a. Use Case Diagram
b. Activity Diagram
c. Class Diagram
d. Sequence Diagram
e. Package Diagram

2.         Elemen activity diagram yang dilabeli dengan nama classnya adalah…
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Fork Node
e. Join Node

3.         Elemen activity diagram yang digunakan untuk menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas (atau tindakan) yang paralel atau bersamaan adalah …
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Fork Node
e. Join Node

4.         Elemen activity diagram yang digunakan untuk menyatukan kembali berbagai jalur keputusan yang dibuat menggunakan simpul keputusan adalah …
a. Object Node
b. Control Flow
c. Object Flow
d. Merge Node
e. Join Node

5.         Elemen activity diagram yang dilabeli dengan nama individu atau objek yang bertanggung jawab adalah …
a. Object Node
b. Swimlane
c. Activity
d. Merge Node
e. Join Node

6.         Bila diketahui proses bisnis sebagai berikut: Calon siswa melakukan pendaftaran di kantor cabang Kursus X dengan mengisi formulir pendaftaran. Calon siswa akan diminta untuk membayar biaya pendaftaran Rp. 100.000, maka yang menjadi activity adalah?
a. Rp. 100.000
b. Mengisi Formulir
c. Calon Siswa
d. Biaya
e. Kantor Cabang

7.         Digunakan untuk memecah diagram aktivitas menjadi baris dan kolom untuk menetapkan kegiatan individu atau objek yang bertanggung jawab untuk melaksanakan aktivitas merupakan pengertian dari?
a. Activity
b. Swimlane
c. Swim dan Activity
d. Actor
e. Use case diagram

8.         Symbol yang digunakan untuk mewakili sekumpulan tindakan (action) adalah?
a. Action
b. Activity
c. Fork
d. Join
e. Use case

9.         Join node digunakan untuk:
a. Menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas yang paralel
b. Membagi perilaku aktivitas yang paralel
c. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
d. Mewakili kondisi pengujian
e. Interkoneksi

10.     Decision node digunakan untuk :
a. Interkoneksi
b. Mewakili kondisi pengujian untuk memastikan aliran control hanya turun satu jalur
c. Membagi perilaku aktivitas yang parallel
d. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
e. Menghentikan aliran kontrol

PERTEMUAN 4

1.       Elemen class diagram yang mewakili orang, tempat, atau hal-hal yang dibutuhkan sistem untuk menangkap dan menyimpan informasi adalah …
a. Class
b. Composition
c. Aggregation
d. Generalization
e. Association

2.       Elemen class diagram yang mewakili tindakan atau fungsi yang dapat dilakukan oleh kelas adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Association

3.       Elemen class diagram yang mewakili hubungan antara beberapa kelas atau kelas dan dirinya sendiri adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Association

4.       Elemen class diagram yang merupakan properti yang menggambarkan keadaan suatu objek adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Aggregation

5.       Elemen class diagram yang memiliki daftar atribut di kotak tengahnya adalah …
a. Class
b. Attribute
c. Operation
d. Composition
e. Aggregation

6.       Yang mendokumentasikan bagaimana class bisa diasosiasikan dengan class lainnya:
a. Multiplicity
b. Asosiasi
c. Relasi
d. Attribute
e. Entity

7.       Merupakan hubungan sebagian (a part of) yang logis diantara beberapa kelas atau suatu kelas dengan kelas itu sendiri yaitu:
a. Aggregation
b. Asosiasi
c. Composition
d. Class
e. Multiplicity

8.       Mewakili hubungan fisik antara beberapa kelas atau kelas dan kelas itu sendiri
a. Composition
b. Aggregation
c. Asosiasi
d. Class
e. Multiplicity

9.       Kelas kamar adalah bagian dari kelas bangunan. Hal ini merupakan...
a. Generalization
b. Assosiation
c. Agregation
d. Composition
e. Multiplicity

10.   Mengambil angka maksimal dari tiap multiplicity dalam diagram kelas adalah cara untuk menentukan...
a. Kardinalitas
b. Asosiasi
c. Agregasi
d. Objek
e. Atribut

PERTEMUAN 5

1.       Diagram yang menunjukkan pesan yang lewat di antara objek untuk use case tertentu dari waktu ke waktu adalah …
a. Sequence Diagram
b. Timing Diagram
c. Use Case Diagram
d. Class Diagram
e. Activity Diagram

2.       Elemen yang menunjukkan konteks sequence diagram adalah …
a. Object Distruction
b. Lifeline
c. Frame
d. Actor
e. Guard Condition

3.       Elemen sequence diagram yang menyampaikan informasi dari satu objek ke objek lainnya adalah …
a. Actor
b. Lifeline
c. Frame
d. Message
e. Object

4.       Elemen sequence diagram yang merupakan tes yang harus dipenuhi untuk pesan yang akan dikirim adalah …
a. Object Distruction
b. Lifeline
c. Frame
d. Actor
e. Guard Condition

5.       Elemen yang menunjukkan kapan suatu objek mengirim atau menerima pesan adalah …
a. Object Distruction
b. Message
c. Frame
d. Guard Condition
e. Execution Occurrence

6.       Sequence diagram mengilustrasikan objek-objek yang berpartisipasi di dalam suatu?
a. Use Case
b. Activity Diagram
c. Class Diagram
d. Flowchart Diagram
e. Data Flow Diagram

7.       Sequence diagram menunjukkan?
a. Pesan yang lewat di antara objek
b. Pesan yang lewat di antara Class
c. Pesan yang lewat di antara sistem
d. Pesan yang lewat di antara method
e. Pesan yang lewat di antara atribut

8.       Boundary Class dalam sequence diagram menggambarkan?
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour

9.       Control Class dalam sequence diagram menggambarkan ?
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour

10.   Entity Class dalam sequence diagram menggambarkan ?
a. Tampilan object
b. Tampilan program
c. Class
d. Controller
e. Behaviour

PERTEMUAN 6

1.       Dalam membuat diagram use case, terdapat 3 level, diantaranya …
a. Sea Level – Fish Level – Kite Level
b. Sea Level – Actor Level – Class Level
c. Fish Level – Activity Level – Class Level
d. Class Level – Fish Level – Kite Level
e. Activity Level – Class Level – Fish Level

2.       Setiap use case dapat membuat ... diagram aktivitas.
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
e. Lima

3.       Elemen activity diagram yang digunakan untuk mewakili kondisi pengujian untuk memastikan bahwa aliran kontrol atau aliran objek hanya turun satu jalur, adalah ...
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Final-Flow Node
e. Final-Activity Node

4.       Elemen activity diagram yang digunakan untuk membagi perilaku menjadi seperangkat aktivitas yang paralel atau bersamaan dari aktivitas (atau tindakan), adalah ...
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Final-Flow Node
e. Final-Activity Node

5.       Elemen activity diagram yang menunjukkan aliran suatu objek dari satu aktivitas (atau tindakan) ke aktivitas (atau tindakan) lain, adalah ...
a. Fork Node
b. Object Node
c. Decision Node
d. Control Flow
e. Object Flow

6.       Use case digunakan untuk?
a. Mencari informasi
b. Membuat laporan untuk pemilik
c. Menggambarkan keadaan suatu obyek
d. Menunjukkan relasi yang dimiliki kelas lain
e. Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan persyaratan kepada pemrogram

7.       Sebuah elemen yang merupakan bagian utama fungsionalitas sistem yang ditempatkan di dalam batasan sistem disebut dengan?
a. Extend Relationship
b. Actor
c. Include
d. Use Case
e. Asosiasi

8.       Apakah yang digambarkan dalam sebuah use case diagram?
a. Kegiatan utama dan hubungan di antaranya
b. Proses dalam sebuah proses bisnis
c. Interaksi antara pengguna dengan sistem
d. Kelas dan hubungannya
e. Perilaku dan keadaan

9.       Join node digunakan untuk:
a. Menyatukan kembali serangkaian arus aktivitas yang paralel
b. Membagi perilaku aktivitas yang paralel
c. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
d. Mewakili kondisi pengujian
e. Interkoneksi

10.   Decision node digunakan untuk :
a. Interkoneksi
b. Mewakili kondisi pengujian untuk memastikan aliran control hanya turun satu jalur
c. Membagi perilaku aktivitas yang parallel
d. Menyatukan alur keputusan yang dibuat
e. Menghentikan aliran kontrol


= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Baca juga materi Semester 3 UBSI lainnya:

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal E-Commerce BSI Pertemuan 1-6

14 Jenis Muamalah, Contoh dan Dalilnya